(Seri Refleksi Tahun Ajaran 2011-2012) Kerjasama dengan sesama guru

Selama tahun ajaran 2011-2012 saya bekerja sama erat dengan 7 guru yang berbeda. Saya merasakan bahwa untuk bisa menjadi mita kerja yang baik banyak hal yang saya mesti tingkatkan ditahun ajaran depan. Misalnya

1. Dalam bekerja sama saya mesti menghindari berasumsi. Asumsi yang sering terjadi misalnya bahwa rekan kerja kita pasti sudah tahu apa yang kita maksud. Hal ini akan banyak menimbulkan kesalah pahaman. Cara yang bisa ditempuh adalah mengabarkan semua orang mengenai peristiwa yang terjadi lewat email dan segera membalas email dari orang lain walau cukup dengan satu kata ‘terima kasih’
2. Lain guru lain pula cara mengajarnya, jika ada hal yang kita anggap bagus jangan sungkan untuk meminta waktu masuk ke kelasnya (dengan meminta izin terlebih dahulu) untuk melihat cara ia mengajar dan mengendalikan kelas.
3. Saat bekerja sama terkadang ada sikap guru lain yang membuat kita marah atau tidak nyaman. Jika ini terjadi, Tanya pada diri sendiri, memang yang ia lakukan itu benar-benar mengganggu atau diri kita sendiri yang sedang sensitif. Sensitif yang saya maksud bisa terjadi karena tekanan pekerjaan, keluarga atau hal ain yang bisa membuat perkataan rekan kerja yang semestinya sebuah hal yang biasa menjadi hal yang luar biasa atau bahkan menyinggung harga diri kita.
4. Tingkatkan kemampuan komunikasi. Hal ini sangat penting untuk membuat sebuah kerjasama menjadi sukses. Komunikasi yang akan saya dalami adalah komunikasi langsung atau komunikasi elektronik. Dengan menguasai keduanya secara efektif saya optimis bisa menjadi guru yang semakin efektif.
5. Kenal dengan mitra kerja sebaiknya tidak cukup hanya dengan perkenalan yang berlangsung di tempat kerja. Bagus juga jika sebagai rekan kerja kita mengetahui beberapa informasi yang penting mengenai rekan kerja kita, misalnya apa impiannya tentang masa depan, apa hal yang ia suka dan tidak suka. Ini akan membuat diri kita semakin mengerti dan mempermudah kita untuk bekerja sama.
6. Di sekolah saya akan meneruskan menganggap semua rekan guru adalah mitra, karena kita tidak pernah tahu dengan siapa kita akan bekerja sama suatu saat nanti. Dengan menganggap semua orang sebagai mitra, mudah bagi kita untuk menjadi anggota team yang baik, sebagai anggota bahkan sebagai pemimpin.

About these ads

2 gagasan untuk “(Seri Refleksi Tahun Ajaran 2011-2012) Kerjasama dengan sesama guru

  1. bekerja dengan suasana hati yang nyaman , saling menghormati , tidak saling mencurigai akan membuat bekerja menjadi semangat dan menyenangkan . makasih d salam pendidikan pak agus .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s