(Seri refleksi tahun ajaran 2011-2012) Cara perencanaan mengajar di kelas

Perencanaan mengajar adalah hal yang paling penting dalam sukses tidaknya sebuah proses balejar mengajar. Guru yang baik pasti merencanakan, dengan cara dan proses yang berbeda menurut orang per orang. Inti dari proses perencanaan adalah persiapan agar detik demi detik atau menit demi menit berlangsungnya pembelajaran di kelas bisa berlangsung terencana dan bisa mnimbulkan kepuasan atas suksesnya proses baik dari sisi guru dan sisi murid sebagai subyek pembelajaran di kelas
Hal yang akan saya lakukan di tahun ajaran yang akan datang adalah sebagai berikut

1. Memastikan bahwa jalannnya pembelajaran dalam waktu seminggu direncanakan lewat perencanaan mingguan atau weekly plan. Menjelang berakhirnya tahun ajaran kemarin, saya sudah memulai perencanaan mengajar saya di posterous.com
2. Segera setelah sebuah hari berakhir, saya akan menuliskan refleksi nya di blog yang sama. Blog tersebut juga menyediakan fasilitas tag yang memungkinkan saya mencari bagian yang diperlukan di masa depan.
3. Satukan semua yang diperlukan ke dalam blog contohnya, deadline penting, weekly plan, dokumen lain yang diperlukan sehingga jalannya waktu mengajar selama seminggu akan berjalan sesuai rencana dan terdeteksi hal apa saja yang perlu mendapatkan perhatian
4. Perencanaan mengajar yang lengkap berisi, contoh soal dalam hal ini langsung bisa diupload di blog mengajar saya, daftar website, daftar foto yang bisa memancing keingintahuan anak, dokumen dari berbagai sumber.
5. Dalam bentuknya yang lain saya juga terpikir untuk menggunakan kembali google calendar sebagai cara untuk merencanakan pembelajaran.
6. Jika semua sudah direncanakan pilihannya adalah pada cara anak-anak dalam mengerjakan, bagaimana penilaian dan dengan cara apa saya tahu anak sudah menguasai. Cara pengerjaan yang saya maksud bisa lewat edmodo, membuat work sheet, apakah akan dikerjakan individual atau dalam group.
7. Didalam blog yang saya akan gunakan untuk di tahun ajaran depan saya akan membuat tulisan khusus setiap minggu yang berisi refleksi mingguan apa yang sudah dan akan dilakukan serta bagaimana saya mempersiapkan situasi serta merespon tantangan dan situasi yang terjadi di depan mata.

About these ads

One thought on “(Seri refleksi tahun ajaran 2011-2012) Cara perencanaan mengajar di kelas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s