(Seri refleksi tahun ajaran 2011-2012) Administrasi kelas

Hal administrasi yang saya maksud adalah pekerjaan yang melibatkan kertas dan hal-hal yang mendukung kinerja saya sebagai guru. Beberapa hal yang menjadi perhatian saya untuk tahun ajaran depan adalah;
1. Suasana meja kerja yang bersih dan rapi, caranya adalah perbanyak paper clip dan jepit untuk kertas-kertas pekerjaan anak yang dikelompokkan sesuai dengan jenis pekerjaan dan deadline pengumpulan
2. Buat ‘to do list’ atau hal apa saja yang akan dikerjakan hari ini. Sangat membantu sekali dalam membuat kegiatan menjadi fokus dan jelas tugas apakah yang mesti dikerjakan dan diprioritaskan.
3. Melakukan koreksi PR dan pekerjaan siswa kapan saja dimana saja saat sempat, ini dilakukan untuk mengurangi beban pekerjaan yang menumpuk di akhir term.
4. Jika kertas kerja siswa selesai di koreksi, minta mereka untuk masukkan ke map yang sudah diberi nama, ini juga untuk mengurangi kertas kerja yang anak yang menumpuk di meja kerja guru. Jika siswa belum selesai mengerjakan tugas dalam waktu tertentu minta ia mengisi form pengerjaan tugas yang ia tanda tangani dan letakkan di meja guru
5. Saya terpikir untuk membuat satu anak satu folder untuk setiap anak yang berisi, pencatatan PR (jika belum mengerjakan), kepergian ia ke UKS, keterlambatan pengerjaan tugas dan peristiwa lain yang layak dicatat, ini penting untuk membuat semua hal yang berlangsung dikelas terekam dengan baik.
6. Membeli stempel yang bertanggal dan memperbanyak sticker untuk lembar kerja siswa. Stempel yang bertanggal berguna untuk mengoreksi dan stiker berguna untuk membuat siswa tambah semangatnya dengan adanya penghargaan dari guru.
7. Gunakan pencatatan secara elektronik mengenai nilai PR dan pekerjaan anak sehari-hari, gunakan ankdotal record yang direkam di evernote secara audio memudahkan untuk bukti pemahaman anak.
8. Membuat program penilaian yang langsung terhubung dengan edmodo, evernote dan excel untuk mengetahui grafik berapa yang sudah dan belum menguasai
9. Waspada terhadap deadline dari pihak sekolah, gunakan pengingat yang ada di outlook atau pengingat yang ada di google calendar, pastikan sehari sebelum deadline pekerjaan sudah selesai. Jika ada komitmen yang mesti dibuat dengan pihak lain sesama guru atau pimpinan di sekolah pastikan untuk memberikan waktu yang paling lama yang bisa ditolerir oleh pihak kedua.

About these ads

One thought on “(Seri refleksi tahun ajaran 2011-2012) Administrasi kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s