Anda punya karakter guru sejati jika anda……

Karakter seorang guru sejati ada pada individu yang menikmati sekali profesinya. Menikmati dalam arti jika ia sebagai individu terlibat penuh secara emosional pada profesi yang katanya ibu dari semua profesi ini. Penjelasan dibawah ini bisa membuat anda sebagai guru berkaca dan senang atau tambah semangat menjalani profesi. Yuk kita mulai dengan ciri apa yang mengatakan bahwa anda adalah guru sejati.

- jika jalan di mall atau tempat keramaian dan ada anak-anak usia sekolah berlari-lari ditengah keramaian atau di tangga berjalan, anda sibuk memperingatkan. Padahal kenal saja tidak, hehe

- Anda dipanggil oleh kerabat dekat sebagai ibu atau bapak guru. Menurut saya ini panggilan yang datang dari rasa hormat. Kerabat dekat anda memanggil dengan sebutan tersebut dikarenakan nyaman atas perilaku anda pada keponakan atau anak-anak kecil yang selalu anda berikan perhatian, rasa sayang dan motivasi.

- Ditempat umum jika anda bertemu anak kecil atau anak usia TK ia akan melihat dan menatap anda lama sekali. Hal ini sangat wajar, dalam kehidupan anak seusianya, ia sedikit sekali mengenal orang dewasa yang bukan orang tuanya. Nah saat ia mulai bersekolah, ia mulai mengenal orang dewasa yang bernama ‘guru’. Saat ia melihat anda maka ‘radar’ nya dengan cepat bisa mengenali jika anda adalah seorang guru. Entah itu karena tatapan mata anda yang lembut atau cara anda tersenyum yang mengingatkan ia pada gurunya di sekolah.

Masih banyak lagi contoh yang lain yang mungkin anda alami sendiri sebagai guru dalam perjalanan anda menapaki profesi. Contoh diatas hanya bisa ditemui jika seorang guru bangga dan meresapi perannya sebagai pendidik. Cara yang bisa ditempuh antara lain dengan menjaga penampilan, tutur kata dan selarasnya ucapan dan perbuatan, dijamin tanpa mengenalkan diri sebagai guru kepada orang lain, maka orang lain sudah bisa mengenali.

Anda punya contoh yang lain? Mari berbagi lewat komentar.

About these ads

6 gagasan untuk “Anda punya karakter guru sejati jika anda……

  1. kayaknya aku termasuk didalamnya ,karena aku mesti secara spontan bila duduk bersama-sama di angkot dengan anak sekolah aku selalu bangga pada mereka , menanyakan klas berapa , sekolah dimana , sll memberi pesan pada mereka untuk belajar rajin ,waktu kecil aku menirukan gaya guruku mengajar , aku jadi gurunya dan temenku jadi muridnya , dan ketika teman2 ku pulang maka muridku kursi , aku jadi ingat masa kecil yang menyenangkan ! salam pendidikan pak agus ,

    • Thanks bu Retno, ada penelitian yang mengatakan bahwa jika seorang guru memberikan pengalaman belajar yang baik pada anak dan lingkungannya maka si anak akan jadi seseorang yang senang belajar dan berani mencoba, sosok seperti Ibu Retno yang saya yakin sudah membuat anak Indonesia jadi suka belajar. thanks for your comment bu

  2. banyak hal memng yang akan menjadi ciri khas kita sebagai pendidik, hal itu merupakan apresiasi khusus dari masyarakat, wali murid dan khususnya siswa atau anak didik. semoga predikat terbaik dariperasaan terbaiklah yang mereka berikan kepada kita sebagai pendidik…apakah kita pendidik sejati atau sebaliknya……salam sukses untk kita pendidik semua,…Trim Pk Agus…

    • Terima kasih komentarnya pak, pergulatan setiap hari para pendidik memang menyuguhkan ‘mood’ terbaik kita dikelas saat mengajar. Guru yg bisa selalu menyuguhkan perasaan yg terbaiklah yg pantas dijuluki guru profesional.
      Salam utk rekan pendidik di Kandis ya pak.

  3. ya, sama juga dengan pendapat teman2 smua. sering kali kebiasaan kita bersikap, bertutur kata di lingkungan kita, rumah, keluarga, sekitar kita secara tidak sengaja, seperti kita mengajar murid2 disekolah. setiap ketemu anak2…., pasti bertanya: “kelas berapa?”, ” tadi belajar apa?”, kalau ada tingkah dari saudara kita dilingkungan rumah (anak-anak), saat kita melerai dan memberikan pengertian pun tidak jauh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s