Memberi Nuansa Karakter Pada Narasi Raport

Saat menulis narasi atau komentar untuk raport adalah saat yang tepat untuk memberikan semangat pada siswa agar lebih sukses di tahun berikutnya. Cara yang bisa dilakukan adalah menambahkan kata yang menunjukkan sebuah karakter. Berikut ini adalah narasi saya di tahun ajaran ini untuk murid saya, kata-kata yang ditebalkan adalah kata yang menunjukkan karakter.

Agus adalah pembelajar mandiri yang selalu berusaha menunjukkan kemampuan terbaik saat mengerjakan tugas.  Kesungguhannya dalam bekerja terkadang membuatnya mampu melampaui target yang diberikan. Ia terlihat misalnya saat Ia mengerjakan tugas membuat kampanye mengenai lingkungan sekolah yang suportif. Dalam pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, Ia juga dapat menunjukkan kemampuan berpikir kritis serta dapat mendengarkan instruksi dengan penuh perhatian.  Selamat Agus, pertahankan prestasimu di Kelas 5 nanti!

Agus melalui Semester 2 ini dengan baik. Ia  penuh konsentrasi dan menunjukkan usaha yang baik dalam setiap pelajaran.  Dalam proses pembelajaran sehari-hari, Agus sudah aktif bertanya serta dapat memberikan pendapat dan menyatakan perasaannya. Untuk bisa berhasil di Kelas 5 nanti, Agus perlu lebih percaya diri dalam pelajaran Matematika.  Pertahankan antusiasme belajarmu di Kelas 5 nanti, Agus!

Pada Semester 2 ini Agus  dapat mempertahankan tingkat kemandirian dan komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu. Namun, agar hasilnya lebih maksimal ia perlu lebih teliti dan mau memeriksa kembali pekerjaannya sebelum menyerahkannya kepada guru. Diharapkan  Agus dapat lebih tenang saat mengerjakan soal, dengan membaca dan  mendengarkan instruksi yang diberikan secara hati-hati. Dalam kerja kelompok,Agus mampu menerapkan  kemampuan pemecahan masalahnya dengan baik. Semoga di Kelas 5 nanti Agus dapat terus  mempertahankan antusiasme belajarnya.

Agus mempunyai kemampuan,  komitmen dan motivasi yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia juga  mandiri dan mempunyai standar yang tinggi terhadap pekerjaannya. Agus  sudah mulai menerapkan kemampuan pemecahan masalahnya  saat  melakukan presentasi dan kerja kelompok. Agus dapat menunjukkan keterampilan memimpin sekaligus  dapat menjadi anggota tim yang baik dalam kelompok kecil maupun besar. Selamat Agus,  pertahankan antusiasme belajarmu di Kelas 5 nanti!

About these ads

3 gagasan untuk “Memberi Nuansa Karakter Pada Narasi Raport

  1. bener banget pak , anak didik memang butuh bimbingan dan bombongan supaya belajarnya menjadi lebih semangat dan akan menambah rasa percaya diri .

  2. saya ingat kursus fudamental leadership dale carnegie yang menerapkan 9 prinsip human relations. beberapa prinsip yang diterapkan pak agus adalah prinsip-prinsip carnegian itu. adapun 9 prinsip HR itu secara singkat adalah: (1) hindarkan kebiasaan SALAHKAN, OMELI, KRITIK; (2) berikan penghargaan secara jujur; (3) berikan dukungan/dorongan untuk maju/berhasil; (4) berikan perhatian secara tulus; (5) senyum; (6) ingat: nama seseorang merupakan bunyi paling merdu/indah dlm segala bahasa; (7) jadilah pendengar yang baik; (8) berbicaralah sesuai minat orang lain; (9) jadikan orang lain merasa dirinya penting (VIP) dan lakukan dengan tulus. semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s