Menggunakan film sebagai alternatif mengajar guru yang kreatif

Film yang baik ada dimana saja, ia bisa dengan mudah ditemukan di youtube dan pada kepingan CD atau DVD. tugas guru untuk menghadirkan film yang berkualitas sebagai sarana mengajar dengan kreatif.

Menonton film adalah salah satu cara membuat siswa mengerti akan sebuah konsep atau mendapatkan lebih dari yang gurunya informasikan di kelas. menggunakan film sebagai alat pembelajaran bukan sebuah ide yang datang tiba-tiba, karena ia mesti dipikirkan dan direncanakan. Apa jadinya ketika film yang kita sajikan dikelas ternyata tidak sesuai atau malah terdaat adegan yang diluar konteks.

Ternyata komputer di kelas saya belum saya install pemutar film dengan jenis .flv. Jadilah untuk sementara saya gunakan komputer milik saya sendiri

berikut ini cara yang bisa guru kreatif tempuh dalam menggunakan film sebagai alat pembelajaran.

SEBELUM

  • pilih film yang ingin anda sajikan, lihat kategori umur dan ringkasan cerita. Perhatikan juga simbol-simbol kategori film.
  • pilih sumber film apakah akan download dari youtube atau DVD yang beredar di pasaran atau memilih film dari perpustakaan.
  • jika ingin download dari youtube pilih sesuai dengan waktu mengajar, karena kebanyakan singkat namun cukup kuat untuk menyampaikan pesan pengetahuan.
  • minta bantuan ornang yang mengerti caranya bisa sesama guru atau operator warnet terdekat dirumah anda.
  • putar dulu di kelas sebelum jam pelajaran, sendirian tanpa siswa, cek suara dan cek juga apakah komputer anda sediakan pemutar .flv atau .mp4. Apakah film bisa dimaju mundurkan?
  • minta siswa mnyediakan buk untuk mereka menulis kata kunci dan bukan kalimat sebagai hal atau info yang mereka dapatkan dari film.
  • buat kesepakatan dengan siswa apa yang boleh dan tidak boleh saat menonton

SAAT MENONTON

  • berikan pengantar dahulu pada siswa, film ini tentang apa?
  • minta mereka memgang buku atau kertas sebagai catatan
  • beri contoh pada siswa, sebagai guru anda memegang catatan, artinya anda juga menulis dan menyimak.
  • beri tugas salah satu siswa sebagai operator untuk mundur atau maju tayangan yang penting
  • hentikan menonton sebentar jika siswa mulai gaduh
  • selingi dengan diskusi saat menonton film, kecilkan suara atau berhentikan sejenak jalannya film

Inti dari kegiatan pengajaran kreatif dengan menonton film adalah guru ‘didampingi’ oleh film dalam menjelaskan sebuah pengetahuan pada anak. Guru tetap ada dan mengajar, dengan demikian film benar-benar bisa dijadikan sumber pengetahuan yang baru dan aktual.

About these ads

10 gagasan untuk “Menggunakan film sebagai alternatif mengajar guru yang kreatif

  1. menarik sekali, ada referensi ttg pemanfaatan film sebagai media pembelajaran pak? saya tertarik meneliti pengaruh media film untuk meningkatkan hasil belajar…..

    • Hi Bu Lina, untuk referensi silahkan mencari di Google books ya bu. Kebetulan saya belum pernah menemukan buku yang ibu maksud. Semoga lancar penelitiannya.

  2. Menggunakan film sebagai alternatif mengajar guru yang kreatif « abdul rahim media pembelajaran

  3. Film Sebagai Media Pembelajaran Guru yang Kreatif « abdul rahim media pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s