12 Cara Menjadi Guru yang Baik

Siapkan minimal dua penugasan atau strategi saat mengajar, dijamin siswa akan sibuk sepanjang pelajaran. Cara yang ada di foto ini adalah siswa yang sdah selesai langsung ditunggu oleh tugas yang lain untuk dikerjakan.

Menjadi guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru tersebut tapi soal kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat marah jika muridnya sering berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat siswa tertib adalah kesibukan yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun tetap bermakna memang tantangan semua guru. Ada guru yang senang memberi soal sulit pada siswanya dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak dipusingkan oleh masalah perilaku.

Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam mengajar siswanya di hari itu.

Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara mengajar dan perencanaan mengajar kita.

  1. rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
  2. selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
  3. tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
  4. rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
  5. masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
  6. pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
  7. saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
  8. tebarkan senyum pada seisi kelas
  9. ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
  10. berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
  11. minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
  12. kurangi gaya  ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
About these ads

325 thoughts on “12 Cara Menjadi Guru yang Baik

  1. nice post.. kami pernah melakukan model sprt itu, cukup efektif tp ada beberapa siswa yang sengaja memperlambat mengerjakan tugas agar dia tidak perlu mengerjakan tugas berikutnya. gmn solusinya pak? terima kasih

    • Thank you, saran saya beritahu saja tugas pertamanya dahulu, baru saat sudah lebih dari 3 orang selesai baru diberitahu tugas berikutnya. Dari pengalaman saya terkadang siswa berlaku seperti itu dikarenakan belum ada temannya atau kurang percaya diri kalau dia bisa.

      • pak..gmana jika guru selalu memotong rambut muridnya.
        apakah itu merupakan contoh perilaku baik yg baik atau tidak…
        bisa di jelaskan

        #siswa

      • lakukan semuanya dalam nuansa bermain dan tidak sekedar teori, pelajaran olah raga sangat sarat dengan muatan karakter, sangat baik bila dimaksimalkan

  2. Thanks alot on your information about teacher, if you have time, may I invite you to come to our school ? So our teachers get many information to become creative teacher . Send my regard to your family .May Allah always bless you …

    • Hi Ibu Ima, thanks for your invitation. Its an honored to that I can come and visit your school. Lets make it happen. Thank you Bu Ima

  3. Thanks pak Agus. tapi gimana caranya untuk diterapkan dalam pelajaran yang dominan aspek hafalannya pak ? misalnya pelajaran tahfiz (mengahfal) Al-Quran?

    • Jika Pak Mulyana ingin menerapkan dalam pelajaran yang mempunyai aspek menghafal, silahkan rencanakan dahulu kegiatan bagi siswa yang lain saat ada siswa yang menyetor hafalannya pada Pak Mulyana. Dengan demikian anak tetap sibuk dan mempunyai pekerjaan untuk dikerjakan.

  4. Siiip Pak agus, tapi biasanya saya mengajar mahasiswa yang umurnya di atas saya, kira kira ada tips gak pak untuk saya, terima kasih

    • mengajar mahasiswa yang lebih tua memang mesti waspada dan berhati-hati, karena biasanya harga diri mereka tinggi. Jalan tengahnya selalu bersikap sopan namun tetaplah tegas dan keras soal standar, dengan demikian anda sudah mengajar dengan hati. Segala sesuatu yang datang dari hati akan masuk ke hati

    • Untuk mahasiswa gunakan pendekatan blended learning pak. Ada tatap muka dan online learning dijamin peserta jd semangat

  5. Alhamdulillah….nambah ilmu lagi gmana jadi guru yang baik..selama ini kalau saya ngajar banyak murid yang pada maen di belakang (siswa pria)..katanya pada ga suka pelajaran bahasa inggris…. susah bgt katanya…bingung juga gmana caranya supaya mereka pada mau belajar..masalahnya mereka udah takut duluan dengan pelajaran tersebut…

    • Bu Dewi yang baik, pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris adalah beberapa pelajaran yang dihindari oleh siswa kita. Mereka tidak bisa disalahkan bu, karena murid akan senang pada gurunya dahulu baru pada pelajarannya. Saran saya jadilah guru yang ramah dan tegas untuk siswa kita saat mengajar. Dengan demikian mereka akan suka pada gurunya dahulu, jika sudah suka perlahan mereka akan suka juga dengan pelajaran yang ibu ajarkan.
      Boleh juga tanya pada siswa sekali-sekali dengan cara apa mereka ingin belajar, dijamin ibu akan terkejut dan senang.

    • agar kejadian seperti itu tidak terjadi seorang guru harus bisa memberikan materi kpada siswax dengan baik d smping itu guru harus berbagi cerita antar siswa ,agar siswax tidak bosa dengan mata pelajaran tersebut

      • Benar sekali
        Berdialog dgn hangat dan tulus sangat diperlukan dalam pola interaksi guru dan murid

        Terima kasih komentarnya pak

  6. what a useful post, thx for d sharing ^_^, i’ll try to apply it in my class,
    btw, aku punya satu murid yang cukup nakal dalam hal sikap serta omongan, suka berbicara jelek dan berbuat yang tidak-tidak. kemampuan akademisnya pun masih sangat jauh tertinggal dari teman2nya. mohon di share jurus jitu menghadapinya ^_^

    • Jika ia berbicara jelek, saat kelas sudah berakhir tahan dia untuk ibu tanyai. Belum tentu ia tahu arti kata-kata yang ia keluarkan. Ajak orang tua untuk bekerja sama tentunya dengan sepengetahuan kepala sekolah. adakan pertemuan rutin dengan anak tersebut dan dengan orang tuanya. Saya yakin selama 3 bulan akan ada perubahan.

  7. anak2 yg sy hadapi malah susah untuk mengerti bahasa indonesia. maunya hanya pake bahasa daerah, padahal saya bukan guru bahasa daerah. hal ini terasa sekali saat sy sedang menjelaskan di depan kelas, malah anak yg memang tukang ribut dengan sengaja ngobrol dgn temannya. bahkan menggangu temannya. sukanya jawab2 yg ga ada kaitannya dgn pelajaran. disuruh mengerjakan tugas, malah sibuk pinjam bolpen sm temennya atw malah ngambil hasil kerja temennya untuk dicontek. buku tulisnya hanya satu untuk 2 mata pelajaran atw lebih. dan ortu si anak pun hanya cuek…bebek….hanya mau tahu anaknya sudah disekolahkan. pusingggggg….pakkkkkk

    • sabar ya pak Rico, namanya anak-anak memang ada masanya mereka seperti sulit diberi pengertian. Buat mereka mungkin saja bahasa Indonesia asing dan sulit untuk diucapkan. Ajarkan lewat nyanyian pak, dengan demikian mereka jadi kenal bahasa Indonesia yang sederhana.
      Untuk anak-anak yang banyak bicaranya atau senang bergerak usahakan difasilitasi dengan games yg sederhana.
      Boleh juga jika bapak tinggal dilingkungan mereka untuk mampir jika ada waktu senggang ke rumah murid yang sepertinya membutuhkan dukungan karena perilakunya atau yang lainnya. Dengan demikian bapak jadi lebih tahu latar belakang keluarga dan kepada siswa pun anda jadi lebih dekat.

      Salam dari Jakarta pak, saya kagum dan salut untuk usaha bapak mengajar di daerah.

    • untuk pelajaran matematika memang mesti dimulai dengan lakan test diagnostik bu, artinya ibu buat satu set soal yang berisi soal yang bervariasi. Gunanya untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap matematika yang mestinya mereka sudah kuasai di kelas sebelumnya.

  8. Kalau dalam pelajaran matematika terkadang siswa merasa jenuh dan tidak bergairah.. Nah bagAimAn cara. Mengatasi hal itua..

    • Memang ada stigma yang mengatakan Matematika pelajaran susah dan membosankan. Usaha yang bisa guru lakukan adalah merubah cara pendekatan pd siswa, sehingga pikiran mereka terbuka dan mau belajar. Apalagi jika belajarnya seru dan menyenangkan. Selamat mencoba Pak Rizal.

  9. saya seorang mahsiswi,, saya mengajar privat anak smp sma pak,,
    setiap di ajar murid ssaya kadang kadang banyak curhatnya sma saya,,
    saya sudah nyuruh dya, agar dya konsentrasai sama peljaran saya,,
    tapi malah dya minta curhat terus,,
    itu gimana pak??
    aku pengin murid saya gak banyak cerita.. :D

    • Wah hebat sekali, jadi mahasiswi dan jadi guru, dua profesi yang membutuhkan energi yang banyak untuk bisa sukses.
      Mengajar usia SMP dan SMA memang tidak mudah, maklum usia mereka adalah usia peralihan.
      Jika ingin sukses mengajar usia tersebut guru perlu menempatkan diri sejenak pada posisi mereka. Usia SMP SMA adalah usia dimana perasaan didengar dan diterima adalah segalanya.
      Dengan guru bersikap mendengar mereka murid jadi merasa diterima dan tugas guru jadi makin mudah mengajar. Saat mendengar permasalahan upayakan memberi solusi semampunya, tanpa mesti terlibat terlalu jauh.
      Saran saya buat perlakukan waktu mengajar dengan cair, tidak masalah jika pembagian waktu saat anda tatap muka jadi 60 % curhat dan 40% belajar.
      Selain itu buka semua akses informasi utk dia bisa curhat diluar jam mengajar bisa lewat FB, Hp atau media lain. Sebaliknya akses tadi bisa juga digunakan untuk murid anda berkomunikasi diluar jam mengajar dan berkonsultasi soal akademis.
      Diharapkan dengan membuka akses seluasnya pada saat anda datang utk mengajar privat waktu mengajar anda bisa lebih efektif.

    • Mengajar di tempat kursus lebih pada penguasaan skill tertentu oleh siswanya pak. Jika ada bedanya hanya pada cara membuat pesertanya merasa enjoy saat kursus, boleh lakukan games sebelum atau setelah kursus

      • Pak klau saya ingin tips gmna caranya membuat siswa dan murid les vripat itu supaya tidak tenuh dalam menguasai pelajaran yang mereka pelajari, dan klau kita memberi mereka game mereka pasti semangkin lupa dengan peljaran yang kita berikan itulah anak sekaran.

  10. guru yang baik adalah guru yg bisa paham karakter masing2 siswa karena tidak semua siswa memiliki daya tankap yang sama .
    menjadi guru bukan lah pekerjaan mudah tetapi tidak jugag terlalu sulit karena ketika kita mampu berbaur dengan beragam macam karakter siswa maka profesi guru adalah yang paling menyenangkan :)

    • ea emng benar peropesi guru emng menyenangkan, tpi terkdang siswa kita tak semuanya thu bagai mna karakter siswa yang kita ajarkan. bagi infor masi dong, saya terkadang bingung untuk menghadapi siswa yang tak pernah mau tahu dengan pelajaran gurunya.

  11. huy pak agus..
    saya mau tanya…
    saya baru mau mulai ngajar les..
    tetapi saya sedikit takut
    saya rencana mengajar nata pelajaran sekolah anak – anak
    bsa kasi tau gmn supaya saya bsa membantu anak – anak meraih prestasi dan mendapat nilai yg tinggi?

    • Hi Lina, memang jika pencapaiannya adalah nilai maka baik guru maupun siswa keduanya akan stress. Saran saya hadapi saja dulu jenis siswa yang jadi murid anda, lalu lakukan yang terbaik, mudah2an dgn demikian soal nilai dan prestasi akan mengikuti. Selamat mencoba

  12. 12 Cara Menjadi Guru yang Baik | astawa290711

  13. saya bingung menghadapi siswa yang tdk punya motivasi belajar, kosekolah hanya karena paksaan ortunya atau karena ikut-iktan dengan tamannya. mohon saran dan solusinya

    • wah mesti ada pembicaraan dari hati ke hati mengenai hal ini dengan siswa anda pak. Saran saya lakukan pembicaraan diluar jam mengajar, dekati ia sebagai pribadi dan orang yang peduli, dijamin ia akan mau berubah. Never give up ya pak

  14. salam kenal pak Agus…
    Thanks ya Pak buat Tipsnya….
    kelak akan menjadi pegangan saya ketika mengajar…

    saya mahasiswi jurusan FKIP.. belum pernah mengajar tp tentunya berkeinginan kuat untuk terjun ke dunia Pendidikan…
    Meskipun belum pernah mengajar tetapi saya sering mencoba menyusun strategi untuk masalah-masalah yang mungkin nnt akan saya temui ketika mengajar…

    nah, yang ingin saya tanyakan “sebagai pendidik, bagaimana cara kita menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik yang hanya berani mengeluarkan analisisnya melalui tulisan-tulisan sedangkan ketika diminta untuk berbicara di depan kelas dia langsung merasa gugup…?

    mohon dibantu ya Pak :)

  15. saya juga sependapan dengan kamu,saya sering melakukan apa yg kamu lakukan seperti di atas

    saya senang sekali berbagi dengan siswa saya di kelas

  16. pak, mau tanya, saya mahasiswa dan baru mengajar utk pertama kalinya di sebuah lembaga kursus, yg mau sy tanyakan bagaimana teknik mengajar biar materi yg sedikit tapi durasinya bisa panjang tp mengasikkan pak? dan kalo misalkan saya mengajar dgn memberikan games, bgymana cara sy menyuguhkan games agar durasinya bs panjang pak mengingat murid kursus utk di kls sy cuma 7 org ? apakah sy mesti memakai lbh dr satu game? dan gimana caranya pak? apa ada tips2 yg bs diberikan atau mungkin contoh games yg bs sy terapkan, dlm hal ini sy mengajar bhs inggris, trims

    • Hi Pandu,
      Untuk durasi dan materi, lebih baik materinya berlebih dibanding materi sedikit tapi waktunya banyak.
      Untuk durasi games, pilih games yang sudah anda lakukan sendiri dengan rekan anda (sebagai latihan), gunanya latihan menyajikan game anda jadi tahu mana yang perlu diberi penjelasan lebih, dan hal apa saja yang mesti diwaspadai, misalnya jumlah peserta dll.
      Kalau bisa pilih games yang berkaitan jika ingin ditengah pelajaran, jika memilih game yg tdk ada hubungannya boleh juga utk disajikan diakhir jam (pd saat tinggal 10 menit)

  17. asslmlikm pak,lam kenal…
    oia pak sya mw tnya bgaimna cra kta agr seorang ank brani dan aktif dikelas swaktu mngikuti pljrn kta??
    thank’s pak
    mohon jawabnya.

    • Waalaikumsalam Pak Irham, untuk berani kelas yang kita ajar perlu bersepakat dulu mengenai cara berkomunikasi. Misalnya pastikan anak yang ingin berbicara mengangkat tangan dan pastikan siswa lain mendengarkan (hanya ada satu orang yang berbicara). Dengan demikian jika alur komunikasi sudah tercipta diharapkan anak berani berbicara karena alur komunikasi yang saling menghargai sudah tercipta.

  18. terimakasih pa agus atas ilmunya, oh ya saya mau bertanya bagaimana sistem pengajaran dikelas daoat berjalan efektif, terkadang sesuatu yang kita rencanakan tidak sesuai target pa? mohon bimbingannya ?????

    • Apa kabar Pak Sulaeman, intinya pak adalah persiapan, banyak rekan guru saya yang membayangkan dahulu atau malah melakukannya dahulu di kelas (tanpa siswa) pembelajaran yang akan dilakukan esok hari. Ini berguna agar guru punya rencana A dan rencana B jika sesuatu berjalan tidak sebagaimana mestinya. Jika bapak ingin pembelajaran yang menggunakan teknologi misalnya laptop atau projector, silahkan mencobanya terlebih dahulu, dengan demikian bapak tahu mesti apa yang akan dilakukan jika ada terjadi sesuatu misalnya, listrik mati dan lain sebagainya.

  19. pak, saya mahasiswi yang juga sekaligus menjadi guru privat sd kelas 2, nah anak itu susah sekali diajak belajar, membacanya belum lancar, tapi disuruh baca tulis tidak mau, dengan permainan juga tidak mau, bagaimana ya pak cara mengatasinya? terimakasih.

    • Saya hargai niat utk gunakan permainan dlm mengajarkan murid lesnya. Saran saya sepanjang anak itu ‘normal’ silahkan cari terus hal yang jadi minat, perhatian dan kesukaannya. Utk pengenalan huruf bisa gunakan hp atau bb, minta ia sms kata-kata yg simple dan sederhana.
      Demikian selamat mencoba

  20. pak Saya ngajar d SMK yg siswa2nya wahhh “luar biasa” tingkah lakunya.. saya srg terpancing emosi.. apkah krna sya masih muda ya pak?? bagaimana cara mngatasinya?

    • wajar sekali jika sebagai guru mudah terpancing. Saran saya jangan coba kendalikan semuanya sendirian saat di kelas. Boleh juga sekali-sekali tanya pada murid anda, sebenarnya apa sih yang mereka inginkan? sepanjang mungkin untuk dipenuhi silahkan saja dipenuhi. Saya jamin suasana kelas jadi kondusif dan berkurang ‘kelelahan’ mental yang guru alami.

  21. pak…saya guru pemula…dan dlm waktu dekat akan mengajar di SMK…selain kuliah saya juga bekerja…di waktu paginya saya mengajar…kendala saya mungkin belum menguasai materinya…bagaimana pak ada saran…

    • Saya hargai upaya keras mas prasetyo untuk meningkatkan diri. Jika mengajar SMK, cara guru menguasai materi bisa sambil jalan. Lebih utama cara anda menampilkan diri di kelas, jadilah guru yang berperan sebagai teman berbagi pengetahuan dan menguasai ilmu baru, sambil tetap anda merencanakan pembelajaran di kelas sebaik-baiknya. Dengan demikian suasana kondusif bisa tercipta karena guru dan siswa tujuannya satu menciptakan budaya belajar dan berbagi pengetahuan di kelas

  22. salam kenal pak,
    saya baru lulus kuliah, dan saya diberi kesempatan untuk mengajar kelas 2 di sekolah negeri. ampuuun pak, saya menghadapi kelakuan siswa2nya, dari 26 orang siswa, masih ada 8 anak yang belum bisa baca, dan bbrapa dr mereka masih lama dalam menulis, jadi setiap saya menulis di papan tulis, sangat menghabiskan waktu belajar hanya untuk menunggu 10 anak itu, bagaimana solusinya ya pak??? terima kasih..

    • dear Ibu Rose,
      memang sulit sekali jika di kelas masih ada anak yang membutuhkan bantuan. Saran saya undanglah orang tua yang berkepentingan, minta kesediaan mereka untuk datang ke sekolah dengan jam yang sudah disepakati. Minta orang tua untuk jadi sukarelawan menemani anak membaca, dengan terlebih dahulu ibu berikan penjelasan singkat bagaimana teknis menemani anak untuk membaca.
      Tetap semangat ya bu, pasti ada jalan untuk jadikan kelas ibu menjadi kelas yang kreatif.

  23. pak saya punya masalah pada cara mengajar yang jumlah peserta didiknya sangat banyak.jumlah anak didik saya dikelas 2 ada 64. pada waktu pelajaran banyak anak yang rame. dan ada beberapa anak yang belum bisa membaca serta susah mengerti dengan pelajaran yang saya berikan. padahal saya sudah sangat pelan-pelan dan berulang kali dalam menjelaskan. mohon solusinya

    • Apakah ibu Tri sudah melibatkan orang tua dalam hal ini. buat jadwal bu, supaya orang tua rutin datang tiap 2 hari dalam seminggu menemani ibu mengajar. Ibu sibuk mengajar anak2 yang masih belum bisa membaca atau belum lancar belajar, sementara bagi yang sudah lancar ibu berikan tugas diawasi oleh ibu orang tua murid

  24. Salam kenal sebelumnya pak, saya baru 1 bulan jd guru, kebetulan saya mengajar B. Inggris, kelas X dan XI. Yang jd masalah pak, membuat satu kalimat dalam b. inggris pun salah siswanya. Sedangkan di buku pelajarannya sudah jauh pembahasannya. Mohon sarannya pak!

  25. boleh bertanya pak?
    keunikan peserta harus diperhatikan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas anak apa yaa pak. mohon bantuan yaa pak :D

    • Saat mengembangkan kreativitas biasanya guru cenderung menggunakan gaya belajarnya sendiri. Misalnya jika guru tsb seorang pembelajar tipe visual, cenderungnya lebih senang gunakan cara belajar tipe visual misalnya dengan gambar dlsbg.
      Jika murid kita banyak, jelas tdk mungkin mengadopsi keunikannya satu persatu, yg bisa anda lakukan adalah dalam pembelajaran atur waktu dan jarak dalam satu tahun atau satu semester pembelajaran supaya semua keunikan dan gaya belajar siswa terakomodir.
      Selamat mencoba ya

  26. Salam kenal pak Agus, saya baru selesai kuliah pak, dan kini baru 1 bulan saya jadi guru B. Inggris di SMA.Saya terkejut karena siswa-siswa tersebut tidak sanggup membuat 1 kalimat pun dengan benar dalam B. Inggris.Sedangkan buku pelajarannya membahas pelajaran sudah jauh pembahasannya. Mohon sarannya pak!

    • Apa kabar Pak Rasyid, memang itu juga keprihatinan saya pak, dalam pelajaran bahasa Inggris sepertinya orientasinya hanya pada grammar. Dan meninggalkan kesenangan dalam berbahasa. Hasilnya anak2 malah tdk bisa apa2.
      Padahal berbahasa adalah belajar budaya. Saran saya luangkan waktu utk membuat anak2 lebih cinta pd pelajaran yang bapak ajarkan. Misalnya klub menulis dlm bahasa inggris, yg didalamnya kegiatannya antara lain menyimak lagu yg sedang trend sekarang, atau membaca buku dan diartikan atau ditafsirkan sama-sama.
      Demikian pak, semoga berkenan

    • Wass, selamat PPL saya ucapkan jika mau terapkan semuanya memang jadinya anda justru akan bingung karena belum terbiasa. Saran saya bersikap tenanglah dengan suara yang jelas saat berbicara dan senyum ketika mengajar. Dijamin murid akan senang.
      Selamat PPL ya saya ucapkan.

    • Demam panggung itu wajar sekali, jika itu terjadi saat mengajar siswa SMA berikut ini ada tipsnya
      1. ikut tersenyum jika ada sesuatu yang lucu terjadi.
      2. baru bicara setelah semua diam
      3. bicara dengan jelas, dan pastikan berjalan-jalan jadi tidak diam di satu titik saja.
      4. jika anda tahu tebakan atau games yang ringan boleh juga dimainkan untuk memecahkan kebuntuan di kelas.

      Demikian semoga berkenan

    • Saran saya tetaplah mengajar, jika ikhlas pasti ada jalan yang tidak terduga untuk bisa kuliah. Mengajar itu banyak sekali berkahnya, ia bisa mengarahkan dan memberikan jalan bagi keinginan kita yang lain.

    • Saya juga mengajar TPA, intinya setelah guru mesti mempersiapkan kegiatan yang menarik dan bermanfaat selama menunggu temannya membaca Al Quran secara individual, dengan demikian santri tetap sibuk yang bermanfaat sambil menunggu temannya. Kegiatan yang saya maksud bisa permainan, menonton film kisah islami, mewarnai, tebak-tebakan yang kesemuanya ditemani oleh orang dewasa, boleh juga minta bantuan orang tua santri.

      Selamat mencoba

  27. Tips Cara menjadi Guru yang Baik | KAGURINDO

  28. Mat Kenal Pak,,,saya Seorang Mhasiswa yg Sebentar Lagi PPL,,,kira2 gmna ya caranya supaya saya bisa tampil percaya diri pada saat PPL nti? sblmnx trma ksh pak

    • Hi Marcel, cara terbaik adalah tidur yang cukup, buat perencanaan kegiatan yang beragam selama pelajaran (siswa tdk hanya diam duduk dan mendengarkan) yang terakhir bersikap fleksibel jika ternyata ada perubahan di lapangan. Demikian semoga sukses ya

  29. nama saya Novi dwi septiana… saya mahasiswa pend.bhsa inggris…
    >,< saya baru-baru ini mendapatkan tugas PPL di STM(sekolah teknik mesin) konon kata'y sudah banyak mahsiswa ppl disekolah tsbt dibikin nangis…..
    mohon saran'y pak…..

    • Wah seram sekali ceritanya, ada memang sekolah yang membiarkan murid2nya berlaku demikian terhadap tamu atau orang lain. Sebagai guru PPL anda adalah tamu atau orang lain yang ingin berbagi ilmu. Saran saya bersikaplah tenang dan persiapkan diri dengan baik. Jika ada upaya untuk membuat anda terganggu dari murid tetaplah balas dengan senyuman sambil atur nafas. Rencanakan kegiatan anda dengan baik selama jam pelajaran, hindari anda berbicara (berceramah) selama jam pelajaran, cukup 10 menit saja anda bicara di awal, lanjutkan dengan kegiatan atau aktivitas yang membuat siswa sibuk, jadi tugas anda sebenarnya lebih pada sebagai fasilitator dibanding orang yang mesti berbicara panjang lebar.

      demikian doa saya semoga lancar.

  30. salm kenal pak..
    saya seorang mahasiswa yang bru maw memulai mengajar lest privat..tp saya bngung maw mulai mengajar..n takut kl ilmu awal saya kurang untk diberikan kpd ank 2.mhn bantuannya pak..
    thankz

    • Apa kabar mas Joko, wajar sekali kekhawatiran yang dirasakan, jika merasa diri kurang, segeralah cari tahu latar belakang anak yang akan diajar misalnya strata ekonomi atau asal sekolahnya. Dengan demikian anda akan temukan formula yang pas dalam mengajar.

    • mengajar dengan menyanyi pak Syamsi, semntara fokus pada kesenangan anak belajar, boleh juga menonton film dan latihan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris

    • Bicara yang jelas pak, boleh ada jeda untuk membiarkan murid berpikir dan ‘mengunyah informasi’ yang guru berikan, saat memberi instruksi pastikan semua mengerti lewat pertanaan yang memancing.

    • Salam kenal kembali bu Susi, untuk materi aqidah semua strategi kerja kelompok bisa diterapkan, Syaratnya guru mesti menyiapkan jawaban-jawaban yg rasional, maklum pertanyaan siswa terkadang membuat guru terkaget-kaget

  31. Bagaimana menghadapi siswa yang suka mengadukan temannya? bagaimana caranya agar bisa bersikap adil? dan permainan-permainan apa yang cocok untuk di kelas?

    • Siswa yang suka mengadukan teman karena ia ingin perhatian, untuk anak seperti ini berikan perhatian khusus saat ia tidak memintanya. caranya dengan menanyakan kabar atau dialog singkat disela pelajaran atau pada saat keluar main (istirahat) dengan demikian ia tidak perlu jadi seorang pengadu untuk diperhatikan guru.

      cara untuk berbuat adil pada siswa;

      1. saat ada konflik antar siswa panggil keduanya dengan namanya dan dengan cara lemah lembut
      2. fokus pada kejadian saat itu saat terjadi konflik, membawa-bawa yang dulu pernah terjadi hanya akan mem buat anak sakit hati dan turun harga dirinya
      3. kesampingkan sementara latar belakang anak tsb, yang penting adalah bagaimana ia bersikap selama berada di kelas yang anda ajar
      4. Jika saat hari raya ada bingkisan, mantapkan dalam hati bahwa ada atau tidak bingkisan anda akan selalu berbuat dan bertindak obyektif pada murid-murid anda.

  32. Permisi bapak, saya ingin minta saran bapak, saya adalah siswa sma kelas XII usia 16 tahun yang secara tiba – tiba di tunjuk untuk menjadi salah satu pembingbing atau lebih tepatnya pengajar yang bertugas mengajar di bidang baca tulis Al- Quran, sebelumnya saya juga pernah mengajar bidang itu, namun yang saya ajari bukan siswa SMA melainkan anak – anak yang berkisar SD dan SMP. saya bingung ketika dihadapkan harus mengajari siswa SMA yang jelas metode pengajaran yang harus di terapkannya pun berbeda. ohon bimbingannya pak, Terima kasih.

    • Mengajar siswa SMA mesti banyak dialog mengenai konteks penerapan Al quran dalam kehidupan sehari-hari. Dalam soal teknis membaca Al Quran, posisikan murid yang sudah pandai untuk mengajari yang lain, dijamin pekerjaan guru akan lebih mudah,

  33. slm kenal pak agus,, saya santi guru TIK, bagaimana cara nya pak supaya anak didik sy tertib saat berada di leb dan ketika di ajar memperhatikan dengan baik,,karana di leb kebanyakan anak2 nya kurang memperhatikan saat di jelaskan, ,,,,

    • Jika bu Santi mengajar TIK, ibu mesti atur kapan siswa bisa mulai menyentuh atau menyalakan komputer dan kapan mereka mesti mendengarkan penjelasan guru. jika siswa masuk langsung menuju komputer dan menyalakan komputer dijamin mereka akan langsung asyik dengan komputernya dan akan menomorduakan penjelasan guru.
      Demikian semoga berkenan saran saya

    • Tahap pertama hilangkan dahulu cap malas dan susah diatur, dengan mengubah cap, kondisi mental guru akan siap dan sabar dalam menghadapi perilaku murid. Guru juga akan sabar dalam menantikan anak berubah. jika guru sabar dan berbaik sangka perubahan hanya soal waktu.

  34. Jazakallaahu Khairan Katsiira atas semua postingannya, sangat membantu saya yang saat ini menjadi asisten guru di kelas inklusi. Saya sedang berusaha untuk lebih memahami karakter anak didik saya dengan mempercayai mereka yang terbaik. Mohon do’anya :)

    • Sama-sama bu Patimah, senang sekali mendengarnya, dari semua guru, guru2 di kelas inklusilah yang pahalanya paling banyak, karena kesabaran dan perhatian yang diberikan anak2 tsb bisa menjadi hal yang diinginkan oleh kedua orang tuanya, so keep put your trust on students ya

  35. saya senang baca tulisan bapak, jadi ingat siswa saya klu sy lagi mnjelaskan kadang ada yang saling lirik-lirikan sambil tertawa. saya suruh maju je depan sampai sy selesai menjelaskan lalu duduk lg buat mngerjakan soal. bagaimana cara saya ini pak. atau apa sebaiknya yang sya lakukan mhn solusinya. tks

    • Hi bu Ayu, hal ini sering juga saya alami, saat menjelaskan waktu 20 menit sudah paling lama untuk anak-anak sekarang. Saran saya bagilah pelajaran dalam waktu 45 menit (1 jam pelajaran) sebagai berikut

      1. 5 menit (pembukaan)
      2. 15 menit penjelasan materi dan penjelasan kegiatan apa yang mesti siswa lakukan boleh tanya jawab
      3. 15 menit siswa mengerjakan atau lakukan aktivitas secara berkelompok
      4. 5 menit guru mengulas pekerjaan tiap kelompok
      5. 5 menit guru dan murid lakukan refleksi, mana yang sudah bagus dan mana yang belum serta kenapa sebabnya

  36. berguna sekali nih pak.. postingan nya bisa buat belajar.. soal nya saya baru mau mengajar di bimbel/tempat kursus.. merasa canggung karna basis saya tida di fkip.. thanks a lot

    • Senang sekali jika berguna untuk dibaca dan dijadikan modal supaya PD di tempat mengajar. Jika canggung atur nafas ya, dijamin akan rileks

  37. saya seorang mahasiswi pak…
    dikampus saya menjadi asisten dosen, kadang kalau dosen tidak ada saya menggantikannya, tapi saya gugup sekali karena saya belum bisa cara mengajar dengan baik dan kadang saya mengajarkan mereka apa yang saya ngerti tapi mereka belum tentu mengerti apa yang saya ajarkan
    jadi gimana caranya jurus jitu mengajar dengan baik dan mahasiswa mengerti.

    • Saya ucapkan selamat atas terpilihnya sebagai asisten dosen semoga menjadi batu loncatan untuk karier yang lebih bagus di masa depan. Saat menjadi dosen (sesuai dengan pengalaman) jadilah pribadi yang menstimulasi agar terjadi lalu lintas pemikiran yang aktif di kelas. cara terbaik siapkan pertanyaan yang memancing untuk didiskusikan.
      Saya ingat rekan saya Mas Gora pernah menuliskan mengenai pembelajaran aktif di perkuliahan berikut ini link nya

      http://winastwangora.com/2008/09/23/pengalaman-pertama-melaksanakan-pembelajaran-aktif-di-perkuliahan/

      Jika mencermati artikel di link tersebut dosen menjadi pribadi yang terbuka dan menerima posisi baru sebagai fasilitator, silahkan dicoba dan kabari saya jika ada keraguan atau sudah mencoba dan ingin menceritakan pengalamannya.

  38. Waah, sangat menarik Pak, apalagi membaca komentar-komentar yang seperti berdiskusi itu, sangat banyak ilmu yang bisa saya pelajari dari anda, mudah-mudahan kelak saya bisa menjadi seorang guru yang benar-benar bisa digugu dan ditiru. Terimakasih Pak Agus, kisah anda pelecut semangat saya. Mohon doakan saya :)
    *seorang biasa, mahasiswa PGSD Semester 7.

    • Wah merinding saya bacanya.
      Senang sekali jika saya bisa memotivasi. Blog ini banyak mengulas ‘how to become professional teacher’ karena guru adalah pemain kunci dalam proses reformasi pendidikan.
      Saya berusaha keras selalu menjawab komentar karena ingin selalu terlibat dalam proses perubahan guru2 yg membaca blog ini dalam upayanya menjadi lebih profesional.
      Terima kasih sdh mampir Mas Jammaludin

  39. Pak saya mau tanya ni,ini pengalaman saya yg pertama tuk mengajar anak TK,nah saya mau tanya bagaimana cara mengatasi anak2 yg ribut saat jam pelajaran dilaksanakan ?
    Trimakasih sbelum’y pak.

    • Wah selamat ya saya ucapkan, dalam mengendalikan anak2 di kelas supaya bisa tenang saat ikuti pelajaran silahkan coba cara2 ini;

      1. Naik turunkan suara, hindari suara yg sama dan monoton saat mengajar TK
      2. Diamkan anak dgn bernyanyi bersama, sehingga anak yg ribut ikut menyanyi baru guru lanjutkan pelajaran
      3. Ajarkan silent language atau bahasa isyarat, yg jadi tanda kapan anak diam, duduk dan bicara.

      Demikian selamat mencoba ya

    • Caranya seperti mengajar biasa, ada pembukaan, siswa diterangkan dulu peraturan gamesnya, janjian soal kesepakatan apa yg boleh dan tidak boleh selama games berlangsung, diakhiri dgn refleksi apa yg berlangsung dgn baik dan yg belum.
      Selamat mncoba

  40. Nice, patut dicoba. Saya mau tanya pak, variasi- variasi model pembelajaran buat ngajar mahasiswa yang usianya seumuran dengan kurikulum pembelajaran PERCAKAPAN BHS.INGGRIS setiap pertemuan. trima kasih

  41. pak, di sekolah itu ada siswa yang mampu untuk menanggapi penjelasan guru dan ada ynag tidak bisa dimengerti. oleh karena itu, bagimana untuk menghadapi persoalan demikian? sebab itu adalah kewajiban seorang guru? berikan solusinya pak..

    • Sudah menjadi kewajaran siswa ada yg cepat dan lambat dlm menerima pelajaran, yg guru bisa lakukan adalah berusaha belajar kembali mengenai gaya belajar siswa (learning style), menggunakan berbagai pendekatan dlm belajar dan membiarkan siswa berproses menurut kemampuan belajarnya alias mesti sabar sbg guru. Terima kasih smg sukses membelajarkan siswa.

    • Pertama ia mesti jadi sosok yg senang belajar, bersikap adil, berorientasi pd murid, membela guru yg ingin maju, ahli dalam mengajak orang tua ikut serta sbg mitra dlm mendidik.
      Demikian smg berkenan atas jawaban saya

  42. Salam kenal Pak Agus. Mohon masukkannya, bagaimana membuat rekan guru yang lain juga bersemangat dalam mengajar dan memahami tugas sebagai seorang guru yang sesungguhnya?Terima kasih

    • Hai bu Enik, pertama sbg rekan kerja kita mesti tampil sbg orang yg optimis, semangat dan selalu optimis sesulit apapun hal yg kita hadapi. Kedua sabar saat mereka berkeluh kesah, dengarkan saja, dan berikan saran hanya jika mereka bertanya.
      Pada dasarnya orang lain akan lebih melihat apa yg kita perbuat dibanding kata kata yg kita lontarkan sbg nasihat.
      Selamat jadi pribadi yg menginspirasi
      Doa saya dari jauh

    • Terima kasih, jika ingin percaya diri saat mengajar, berbicaralah yg jelas dan komunikatif, banyak senyum dan nafas yang teratur dijamin bisa sukses saat pertama kali mengajar.

  43. Pak Agus sampurno
    saya ada masalah dengan anak didik saya. Saya mengajar di salah satu SMP swasta dikota Padang, dimana anak yang masuk di sekolah tersebut banyak anak-anak pindahan dari sekolah smp negeri terutama anak-anak yang nakal dan bandel.. Saya agak susah mengajar dimana keinginan belajar nya sangat rendah.,lokal selalu ribut. sudah berusaha untuk menenangkan tapi hanya sebentar kemudian setelah itu ribut lagi.

    • hai Pak Nasrul, memang ironis ya pak, adanya pemisahan sekolah hanya bagi anak yang pintar saja atau anak yang penurut saja yang diterima.
      Buat saya ukuran sekolah yang bagus bukan dari caranya menerima murid yang pintar dan baik saja yang diterima, namun kemampuan sekolah tsb untuk mengubah anak-anak yang belum pintar atau bermasalah dalam hal perilaku menjadi bagus perilakunya.
      Saran saya kepada diri Pak Nasrul sendiri mesti berusaha menghilangkan cap atau labelisasi anak-anak yang bapak ajar. Dengan demikian secara psikilogis bapak yakin bahwa mereka sebenarnya masih bisa berubah dan mau belajar. saya yakin dengan adanya keyakinan ini usaha anda menjadi lebih mudah.

  44. pak, saya mahasiswa fkip semester 5,saya akan mengajar bimbel anak2 smp kelas 3 dan semuanya laki2 dan berjumlah 5 orang. bisakah bapak memberkan tips untuk saya? terima kasih.

    • hi bu Uswatun, jika mengajar bimbel anda mesti siap mendengar keluh kesah murid mengenai sekolahnya dan siapkan kesepakatan antar murid dan guru mengenai apa yang boleh dan tidak boleh saat belajar sedang berlangsung.
      Saat mengajar pun mulai dari yang mereka tahu dan hindari menyamaratakan atau membandingkan murid satu dengan yang lain, berusahalah untuk mencari nomor kontak wali kelas mereka masing-masing di sekolah sebagai upaya kerja sama dan saling berbagi info mengenai perkembangan.
      ok selamat mengajar ya

  45. salam kenal pak agus, sy ingin sharing nich, sy punya murid SD(2 orang dg usia 14th) yg sering bolos sekolah, sdh berkali2 sy menasehati dg berbagai cara, tp blm jg berhasil, org tua siswa jg sdh panggil ke sklah, sprtinya mrk sangat tdk komunikatif saat di rmh. krn mrk ini sdh kls 6 sy khawatir mrk tdk ikut ujian nanti, mohon sarannya…^_^

    • wah sudah cukup lewat ya umurnya, menurut saya cara yang ibu lakukan sudah cukup baik dan sabar. Buat saya sepertinya mereka punya kesulitan belajar, sebuah hal yang banyak tidak terditeksi oleh sekolah-sekolah di Indonesia, dan ortunya pun sepertinya sudah pasrah. Saran saya tetap jaga semangat mereka sambil bangkitkan terus apa yang jadi potensi mereka. Ujian memamng penting dalam mengukur kemampuan akademis, namun tugas guru dan sekolah mencari jalan keluar agar seorang murid tetap mau dan minat untuk belajar.

      • terimakasih sarannya pak agus,…ini bisa menjadikan saya lebih semangat lagi untuk selalu memberikan mereka motivasi belajar.

  46. salam kenal pak agus.
    saya dedi, salah satu calon guru dan sekarang lagi praktek mengajar(PPL) disalah satu SMA swasta(SMA XAVERIUS).
    sebagai pemula saya selalu mendapat kesulitan dalam memberi atau menyampaikan materi dengan bermakna pada siswa. mungkin salah satu penyebabnya ialah saya mengajar pada 2 jam pelajaran terakhir, dimana kondisi ini sangat sulit bagi siswa untuk mau belajar. sebagian siswa bilang seperti ini” pak gak usah belajar” alasan siswa tersebut bermacam-macam, ada yang bilang kepanasan, lapar, ngantuk, capek dll deh pak.
    menurut bapak strategi maupun solusi apa yang bisa mengatasi masalah seperti ini?
    trimakasih sebelumnya pak.
    “salam guru”

    • Halo Pak Dedi,
      Memang tantangan yang berat jika anda mesti mengajar di jam terakhir.
      Iya kan saja jika siswa meminta untuk tidak belajar, maklum di umur mereka semakin di iyakan semakin baik kita dimata mereka.
      Sebelum pelajaran usahakan bapak persiapkan bahan ajar yang baik, singkat dan menarik.
      caranya persingkat waktu anda menjelaskan, semakin lama anda menerangkan mereka akan mudah terkantuk, untuk itu lakukan kegiatan sbb;
      - minta mereka menganalisa sebuah artikel
      - minta mereka menonton film singkat lalu buat ringkasannya
      - minta mereka embuat poster atau sebuah karya secara berkelompok dll

      intinya adalah mengadakan kegiatan yang seru, bermakna dan saat yang sama masih bisa menghantarkan kurikulum yg sdh digariskan.
      Sebagai guru memang kita mesti sabar dan pandai dalam memanfaatkan momen. Terima kasih atas pertanyaannya ya

      • Terimakasih atas masukannya pak,
        semoga sukses selalu pak.
        dan semoga sukses juga untuk guru-guru diindonesia.
        amin.

  47. Ass.. :)
    salam kenal pak.agus,
    saya Dhea, saya bru saja lulus Smk jurusan tkj usia saya 17thn dan alhamdulillah selama lulus dr skolh saya sudah mengajar di 2 TK yg berbeda, kendala saya ada di mental dan kepercayaan diri saya.
    saya sangat pendiam daan tuntutan menjadi seorg guru TK hrus riang dn aktif dlm berbicara. saya rasanya ingin menyerah tapi melihat komentar2 dblog pak.agus memunculkan semangat saya.
    mohon solusi agar saya dapat menjadi sesosok guru yg seharusnya. karena saya baru saja turun langsung kedunia pendidikan yg 180% brbeda dgn keahlian yg saya tekuni d SMK.. terimakasih

    • waalaikmsalam,
      hebat sekali Dhea sudah mengajar dalam usia yang cukup muda. Benar adanya menjadi guru TK mesti ceria dan gembira. Saran saya jika ingin terlihat ‘gembira, riang dan aktif’ berpura-pura lah melakukannya.
      Saya sendiri bukan tipe yang ‘terbuka’ sebagai pribadi. Namun saat dibutuhkan dan mesti bicara di depan umum saya banyak membayangkan diri saya sebagai pribadi atau orang-orang yang begitu percaya diri tampil di depan umum lewat film yang saya tonton.
      Seperti yang saya katakan di atas, film juga bisa menjadi ajang untuk belajar menjadi guru yang percaya diri. Silahkan searching di youtube film-film pendidikan yang menarik.

      Atau pembaca lain punya usul film apa yang baik untuk seorang guru TK?

  48. assalamualaikum..
    pa saya iif,, bru masuk univ..
    brdasarkan pglmn bapa sebetulnya apa yang dosen sukai dari mahasiswa nya,? saya pengen jadi mahasiswa yag intelek,, tapi bgaimana dn seperti apa prosenya itu? trms

  49. Assalamu’alailkum.
    Salam kenal, Pak Agus! Ada 2 pertanyaan:
    1. Bagaimana supaya tugas mengajar dan membuat administrasi guru kelas yang beragam, keduanya bisa berjalan dengan baik.
    2. Saya baru saja mutasi. Di sekolah yang lama saya sudah menemukan kepercayaan diri mengajar kelas VI. Tapi di tempat yang baru sepertinya saya harus mulai dari nol karena mendapat tugas mengajar kelas III. Apa yang harus saya lakukan?
    Terima kasih, Pak Agus.
    Wassalamu’alaikum.

    • waalaikumsalam
      1. Silahkan dicicil pak, dengan kerjakan sedikit2 semua pekerjaan jadi lebih mudah. Kerjakan hari ini yang bisa idkerjakan hari ini. Hindari ngobrol di ruang guru hal yang tidak perlu
      2. Memang perlu waktu untuk sesuaikan diri pak, guru profesional memang mesti siap ditempatkan dimana saja, hanya memang ada guru yang punya kesukaan mengajar di tempat tertentu. Saran saya teruslah mengajar sambil lebih detail saat menjelaskan karena siswa kelas 3 lebih kecil dan perlu penjelasan lebih

  50. Mas Agus, minta saran dong mas. Saya lg les private anak kls I SD di Banjarmasin. Dia pindahan dari Surabaya. Masalahnya nilai dia rendah mulu dkelas krn dia kurang paham bahasa daerah yang sering dipakai guru disekolahnya ketika mengajar. Bagaimana saya mengatasi masalah ini ya Mas Agus, saat ini ketika les saya juga sering ajak dia ngomong pakai bahasa daerah juga. Mohon bantuannya.

    • Menurut saya lebih baik sediakan waktu khusus utk dia belajar bahasa daerah dulu. Bisa 2 jam selama seminggu. Hal ini pentinh utk menambah kepercayaan diri dan sosialisasi anak tsb. Guru juga disarankan menggunakan bahasa Indonesia lebih banyak saat mengajar anak ini.

  51. tapie bagaimana ya jika kta mengajari adik yg masih kelas 1 sd blm bs bc saat dia emosi kt jgha ikut emosi jadi suasana.na gag tenang dan adik tersebut gag mau belajar lagi karena yg mengajri gag mau nglah?
    ?

    • Salah satu keterampilan guru yg paling utama adalah mengendalikan emosi. Saran saya ubah cara mangajarnya bu, mungkin utk anak tsb cara mengajar yg dilakukan guru tidak cocok dgn gaya belajar yang ia punya

  52. Pak Agus,,,saya dulu pernah mengajar di TK, di bimbel, juga memberi les privat juga les di rumah Pak,,,pernah juga sekali saya diminta mengisi acara study club mahasiswa stain dikota saya,,,
    tapi sejak ikut suami pindah keluar kota,,saya sudah off gak ngajar lgi,,
    sudah melamar kerja tpi belum rejeki juga Pak,,sudah sebar brosur les juga ga ada yg minta dilesi :D
    apa Bapak ada saran??padahal saya sudah ga tahan pengen ngajar lagi Pak,,,jg bantu suami sdkit2 Pak hehe
    tapi meskipun off mengajar saya tetep belajar Pak,,,cm merasa sayang klo ilmu ga dibagi2 gitu cm muter2 diotak aja :D
    trimakasih Pak

    • Hai Bu Aiko
      Buat saya ibu orang yg benar2 cinta profesi mengajar.
      Saran saya ibu buat blog di blogspot atau wordpress.
      Semua pengetahuan ibu mengenai dunia pengajaran ditulis disitu.
      Boleh juga membuat video singkat lewat hp yg kemudian diunggah ke youtube.
      Sambil menunggu peluang, tetap sebarkan ilmu lewat blog dan video, dijamin berkahnya banyak bu.

  53. pak, bagaimana cara kita sebagai guru jika mendapat kendala sepreti misalnya siswa yang nakal, bagaimana cara kita untuk menghadapinya? tolong d blas

    • Hilangkan cap dulu bu Meri, cap ‘nakal’ adalah cap yang bisa menghambat siswa untuk berubah. Baru kemudia cari strategi seseuai dengan kepribadian anak tersebut. Libat kan orang tua juga ya bu

  54. aslm pak agus,,,trims tulisannya..
    tp saya mau bertanya bagaimana menghadapi ank yg malas berfikir d membaca d apabila di kasih latihan maunya mencontek at nunggu dksh jwbn… jg diterangkan mlh cuek at binggung.. jd gmn ya pak cara menghadapinya…

    • Perlu pendekatan individual bu Irma, karena sepertinya ia kurang motivasi. berusahalah untuk dekat dengannya dan libatkan orang tua untuk ikut memberi semaangat ya

  55. Salam kenal pak, saya adalah seorang mahasiswi di PTN di Malang dg jurusan berbasis Pendidikan Bahsa dn sastra inggris. Di tempat saya bekerja (bimbel,) ada dua orang murid yang saya masih bingung menghandlenya, mohon bantuannya pak.
    1. Anak kelas 3Sd, dia tipe anak yg teramat sangat aktif,suka berteriak, dan tidak mau mengerjakan tugas apapun,dia juga sangat caper dan sering mencari keributan. TEtapi dia sangat cerdas, dia tidak mau mengerjakan tugas yg saya berikan. Bagaimana cara mengatasinya pak?apakah dia merasa tidak nyaman di kelas saya?
    2.Anak kelas 1SMA pak, dia harus dijelaskan dari basic lagi bahasa inggrisnya, dia les secara privat, tetapi mengapa saya tidak dapat chemistrynya dan dia terlihat tidak nyaman dg kelas saya. Saya harus bagaimana pak, mengingat kedua siswa tersebut laki-laki dan saya sulit untuk mendekatinya secara personal. Mohon sekali jawabnnya pak, Terimakasih.

    • Apa kabar Bu Irma, untuk siswa yg kelas 3 SD perbanyak lagu dan nyanyian bu, boleh juga di selingi oleh menonton film sambil distop jika ada kata-kata yang ingin ibu tekankan.
      Untuk kelas 1 SMA memang perlu pengulangan jika ingin ia semangar belajar, boleh juga ibu tanya dengan cara bagaimana ia ingin belajar. Anak SMA sudah bisa dimintakan pendapat lho bu, lumayan utk ide mengajar kita sebagai guru

  56. Aslmkm pak agus…. saya adalah guru pemula mapel mtk dSMP. ada beberapa kelas yg sudah bisa saya kondisikan, namun ada beberapa kelas yang lain yang selalu ramai waktu pelajaran, padahal saya sudah memvariasi metode pembelajaran dan sesekali game. Dan sebagai koreksi, pernah saya masukkan ke soal ualngan pendapat merekA Ttg pelajaran math, ada yg menulis sya terlalu sabar katanya, gmna solusinya pak? saya sudah mencoba untuk tegas dan memberi hukuman. tp masih kurang efektif, apa gara2 saya masih muda ya pak? terimaksih byk p.agus.

    • Dari cerita MAs Lukman kelihatannya yang belum terjadi adalah sikap konsistensi dari guru. Anak-anak memang senang pada guru yangsabar namun kalau sabar jadi tidak tegas anak-anak akan merasa gurunya mesti lebih tegas.
      Tegas bukan berarti galak lho, ok selamat mencoba

  57. Alhamdulillah bisa menemukan artikel yg bagus ini. Gak terasa udah hampir 1 tahun usia tulisan ini, mudah2an berkah.
    !000 rencana dapat dikalahkan dgn 1 aksi. Insya Allah dgn banyaknya permasalahn2 di atas dan jg banyaknya saran, smoga bs saya terapkan esok ketika mengajar d kelas. Aaamiiin..
    Setiap murid, dpt berubah ke arah yg lebih baik. Asal kita yakin dan berusaha. :)
    Salam Pendidikan..

    #Permana Pria Utama (Guru PPL Matematika)

  58. Tips mendisiplinkan siswa tanpa harus menghukum « digikidzblog

  59. 12 Cara Menjadi Guru yang Baik « Secuil Pengetahuan

    • cara terbaik untuk memulai pelajaran di SD adalah dengan melihat situasi dan kondisi dahulu, jika murid dalam keadaan lelah atau habis berolah raga biasakan untuk lakukan permainan singkat 5 menitan

  60. Asslkm.. Pak Agus saya agak kebingungan untuk memulai Buka kursus, sasarannya SMP dan SMA. terus kurikulumnya mengikuti sekolah atau kita sendiri yang buat..???

    • Waalaikumsalam bu, SMP atau SMA sama saja bu, oh ya ini bimbingan belajar atau kursus bu? mohon diperjelas, sebab jika bimbingan belajar biasanya mengikuti kebutuhan dari siswa yang menjadi peserta saja.

  61. Tips Menjadi Guru Yang Baik « wulanpermatasari16

    • Sebuah kegiatan belajar mengajar yang berjalan lancar memerlukan
      1. persiapan yang matang (dokumen rencana pembelajaran sebagai arah) dan sumber belajar atau alat peraga yang sesuai
      2. datang tepat waktu atau 5 menit sebelumnya
      3. kegiatan belajar ada pembukaan, aktivitas yang beragam dan refleksi

      Demikian semoga berkenan

    • Silahkan pak ahmad membuat surat kontrak yg berisi pertanyaan;

      1.Hal apa yg kamu ingin tingkatkan di semester ini?
      2. Sikap apa yg ingin kamu perbaiki di semester ini?
      3. Sebutkan nama teman yg kamu ingin contoh dalam hal baik (bisa dalam sikap atau kemampuan dalam belajar)

      Silahkan bapak tambahkan jika berkenan.
      Dgn demikian guru ajarkan siswa membuat ‘goal setting’
      Selamat mencoba

    • Saran saya ambil saja kesempatan utk mengajar di SMP.
      Siswa SMP adalah siswa yg baru saja melalui masa SD dan inginnya dianggap sdh besar.
      Cara terbaik adalah menghargai mereka dgn berikan kepercayaan. Yang terbaik adalah lakukan tarik ulur dalam mengendalikan perilaku.
      Saya doakan smg sukses mengajar di SMP

  62. nice post…. 2 thumbs pak… pah mau share ini, saya baru mau buka kursus dirumah… english for elementary and junior high school…. kira2 apa nih salam pembuka dan cara ajar yang asyik sebagai tutor satu2nya dirumah nanti. makasi pak sebelumnya :)

  63. Bapak, ada tips untuk menjaga power suara agar tetap lantang mengajar selama 6 jam pelajaran berturut-turut? Tidak seperti orang lain pada umumnya, suara saya hanya bertahan selama 2 jam pelajaran. Setelah itu suara saya akan tenggelam to the limit :( Padahal saya selalu menjaga asupan minum air putih saya dengan baik dan mengistirahatkan pita suara jika sedang istirahat.

    • hai Bu Risma, saya juga termasuk yang kurang tahan bicara lama, cara yang saya lakukan komposisi waktu mengajar kita bagi menjadi 40% ceramah dan 60% kegiatan dengan demikian energi guru tetap terjaga

  64. terimah kasih ilmunya pak, yang ingin saya tanyakan, apa yang harus kita lakukang hari pertama masuk mengajar, mohon jawabannya?

  65. saya ucapkan terima kasih bapak….
    cara” bapak saya sudah terapkan,,,alhamdulillah anak didik saya menerima bimbingan saya dengan tepat,,,,,

  66. Tadi bapak katakan bahwa “mengatur irama pembelajaran” yang sya ingin tanyakan bagaimana cara kita untuk mengatur irama belajar itu dan berikan contoh nya mkasih

  67. pak apa kah metode ini juga dapat diterapkan saat mengajar privat? karena sebelumnya saya pernah mengajar di sebuah lembaga kursus, dan tiba tiba tman saya di sekolah meminta saya untuk menjadi guru privatnya sedangkan menjadi guru privat berbeda sekali dengan pengalaman saya mengajar di lembaga kursus, apalagi usia saya masih 17 tahun, mohon saranya pak, terima kasih.

    • Hebat sekali 17 tahun sudah menjadi guru, selamat ya. Menjadi guru privat mesti siap mengajar dalam format kelas kecil atau individual. Startegi mengajarnya saja yang berbeda, namun dalam hal menampilkan diri dan sikap dalam bekerja semua sama.

  68. Siang pak, saya guru baru di SD negeri daerah Kemayoran. Setelah 7 bulan saya ngajar di kelas 2 sd, saya sudah gunakan berbagai cara memberi sanksi kepada siswa yang tidak mengerjakan PR, tapi tidak ada efek jera dari mereka apalgi untuk siswa yang sudah berulang kali tidak mengerjakan PR. Saya mau tau cara efektif memberi sanksi kepada siswa yang tidak mengerjakan PR. Terima kasih

    • Hai bu Rose,
      pertama kali ibu cek dulu PR yang ibu berikan apakah mudah atau terlalu sulit untuk mereka.
      Ada anak-anak yang di rumah nya tidak ada orang dewasa yang membantu jadi kasihan jika diberikan PR yang susah

      Ideal nya diberikan PR yang berupa penguatan dan membuat mereka tertantang untuk mengerjakan

  69. numpang nanya pak,,,cara menjaga emosi guru saat murid melakukan kegiatan yang kurang baik,,,,ini khususnya untuk anak sd, biasanya kan ada yang iseng njailin temennya, menangis, dll???

  70. saya mahasiswa agama islam yang akan terjun di dunia pendidikan …
    bagaimana cara mengatasi grogi saat mengajar

  71. salam super p agus tips nya keren, 100 % akan saya coba biar tambah semagat jadi guru ni. saya mengajar di smk jur otomotif yang siswa ny laki semua. baru 8 th ngajar, tapi pernah juga beberapa kali mendapatkan prediket guru teladan dan berprestasi. kalau bisa p agus bikin pelatihan gitu biar pembahsan kita lebih dalam, kami tunggu undanganya…

  72. Saya senang membaca artikel anda.Saya adalahmahasiswa semester 3 yang sebentar lagi akan mengikuti praktek kemampuan mengajar(PKM). Mohon petunjuknya langkah apa saja yang harus saya lakukan selain memperkenalkan nama dalam kurun waktu 20 menit di depan kelas. Makasih

  73. salam, saya guru fomula bamana ya cara agar siswa bisa lebih sengat dalam pembelajaran . . . kebanyakan siswa saya selalu cuek dengan semua mata pelajaran . . .kedisplinan mereka di sekolah juga kurang . . .mohon sarannya . . .

  74. Assalamualaikum pak agus saya masih kuliah semester 4 . Saya baru pertama kali akan mencoba menjadi guru privat B.inggris kelas VII smp. Tapi saya masih masih ada sedikit rasa takutatau khawatir . Bagaimana agar bisa menjagi guru yang disenangi dan dengan metode pengajaran seperti apa yg baik?

    • Saran saya bersikap alami saja sambil terus tingkatkan diri dengan cara belajar dari sesama guru, sambil berusaha mencoba hal yang baru dalam belajar

  75. Cara Menjadi Guru yang Baik | Berfikir dan Bermimpi

    • Ada banyak metode yang jelas hindari langsung berbicara masalah tata bahasa, buat game dan permainan yang simple namun unik untuk di lakukan di awal pembelajaran

  76. 12 Cara Menjadi Guru Yang Baik |

  77. pak guru, saya mahasiswa semester 7 yang diminta untuk menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah. sedangkan saya tidak ada basic mata kuliah pendidikan. menurut bapak, bagaimana saya harus memulainya. terutama ketika sudah di kelas
    terima kasih

    • posisikan diri saja sebagai siswa, dijamin anda akan tahu apa yang siswa inginkan dari gurunya, selanjutnya perbaharui cara komunikasi serta belajar lagi kurikulum pelajaran yang akan disampaikan kepada murid. okee selamat mengajar ya, oh ya senyum jangan lupa hehehe

  78. Cara menjadi Guru yang Baik | Ilham Wahyudi's Blog

    • Semua tergantung niat awalnya, banyak guru yang kemudian sejahtera karena ia terus berusaha dan saat yang sama ia sibuk mengabdi. Jadi sekali lagi tinggal bagaimana niat awal dan kemauan berusaha di sela pengabdiannya sebagai guru

  79. pak, saya mau tanya . saya mahasiswa pend. akuntansi msh semester 3, mulai bulan november kmren saya mnjadi guru les privat anak kelas 3 mi, murid saya ini perempuan , setelah 1 bulan saya menjadi gurunya belum ada perubahan, kesulitannya dia ini malas membaca, kurang konsentrasi, dan kurang menguasai materi pelajaran. kata orang tuanya nilai ulangannya jelek2 tdk ada yg smpe 70 nilainya, saya bingung dia belajar di sekolah itu bagaimana kok nilainya jlek2. dia pernah cerita kalo disekolah dy tidak punya teman, apa mugkin karena itu dia tidak nyaman belajar akibatnya nilainya jelek dan belum dapat menguasai materi pelajaran terutama matematika.
    saya ini tipe orang yang pendiam, jadi kurang aktif dalam berbicara, dan saya kalo mengajar itu terlalu sabar, tidak bisa marah, dan kalo menjelaskan itu pelan, klo orang biasanya menyebut saya kalem.
    karena itu, orang tuanya bilang ke saya, kalo saya harus lebih tegas mengajarnya, tegasnya itu seperti apa pak? dan bagaimana cara mengajar yang cocok untuk murid saya ini?, karena orang tuanya minta nilainya anaknya bisa naik minimal 70 untuk uas saat ini, kan mulai senin tgl 9 des uas.

    • Dear lely..orang tua biasanya ingin guru les anaknya bisa menaikkan nilai anaknya. Inj berarti tantangam utk lely supaya bisa kuasai strategi pembelajaran agar anak cepat kuasai matematika. Soal pertemanan dan sosialisasi dia di sekolah bisa digarap sambil jalan. Kalau soal pembawaan memang guru mesti punya banyak ver pembawaan diri jadi tdk melulu kalem.sekali sekali boleh acting tegas

      • maaf pak mau tanya dalm mengajar teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu audiens dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa(focus and point basis)contoh nya apa pak agus.
        trims

  80. Assalamu ‘alaikum
    Pak sy guru Tk A dan Play group gimana cara.a menghadapi anak2 yg super aktif?
    Dan bisa gak bapak beri sy contoh untk point No.7? Trimakasih sebelum.a pak

    • Waalikmsalam, pada anak yg super aktif sbg guru bu syifa jgn sampai kehabisan koleksi pekerjaan utk anak tab. Selalu sibukkan ia dengan pekerjaan yg menantang.

      Di nomor 7 saya membahas tentang memotivasi siswa, ibu bisa mulai dgn puji anak karena proses yg ia lakukan dan bukan semata karena hasil

  81. Pa saya sedang praktek lapangan dari universitas untuk mengajar di SMA,,nah,yang mauu saya tanyakan apa yang harus di lakuklan jika materi sudah habis tapi waktu mengajar masih banyak?

    • Saran saya rencanakan dulu pembelajaran lewat RPP. Lewat RPP guru dilatih membagi waktu, kapan pembukaan, kapan aktivitas inti, kapan penutup. Jadi semua sudah ditakar dan diukur waktunya. Jika hal tadi sdh dilakukan dan masih ada waktu silahkan lakukan games yg berhubungan dgn materi yg diajarkan , misalnya eat bulaga dan lain sebagainya. Selamat mencoba

  82. ia pak gus,tolong aku ia,baru2 ini aku membawa matematika utk SMA tapi aku ada kesusahan denga bahasa portugues,makanya aku mau tanya sama pa gus,ia bagaimana cara mengajar dgn murid kalau inga tau berbahasa portugues.

    • Wah sepertinya sbg guru mesti kuasai dulu minimal bahasa percakapan sehari-hari baru melangkah ke bahasa yg ada hubungannya dgn subyek yg anda ajarkan.

  83. sy seorang guru baru yang mengajar geografi SMA,,
    sy sering kuwalahan menghadapi anak SMA terutama kelas XI,,ada yang meremehkan saya sebagai guru baru sehingga masuk kelas sring trlambat,,ada yang main hp, ada jg yang masih terkesan dengan guru lama mereka..tapi untungnya msh ada yang menghargai sy sebagai guru, banyak lagi pak…
    tidak hanya dengan sy sebagai guru junior yang kuwalahan pak, guru senior pun kuwalahan menghadapi kelas ini..
    bagaiman cara sy pak untuk meyakinkan mereka dan menghadapi situasi seperti ini?

    • Wajar bu Sasa, jika siswa masih ingat pada guru sebelumnya. Sbg guru baru anda tdk mesti berniag membuktikan apapun, cukup kerja dan mengajar dgn ikhlas dengan hati dan selalu menarik dalam mengajar maka siswa akan dengan sendirinya senang belajar dgn anda.

  84. menurut saya, salah satu cara membuat kelas rileks adalah dengan memberikan candaan-candaan ringan. tapi, masalahnya bagaimana kalau si guru yang bersangkutan tidak bisa melakukannya atau mungkin memang tidak berbakat bercanda di dalam kelas ? mohon pencerahannya. terima kasih

  85. saya mahasiswi usia 21 thn,yang baru terjun dlm mengajar di PAUD,pertanyaan saya disini bagamana solusi menghadapi murid yg bersifat arogan..
    tanpa ada masalah kita dgnnya pun dia ttp menangapi dgn nada emosi yang tinggi..
    mohon di bantu saya pak agus :)

    • bisa saja latar belakang keluarga yang menyebabkannya seperti itu, silahkan ibu Diyah memberikan anak tsb contoh dengan bicara lemah lembut. cara terbaik adalah dengan saat anak itu berkata kasar atau arogan minta ia mengulang dengan contoh nada suara yang kita contohkan

      selamat mencoba

  86. pak… bagaimana cara mengatasi murid yang malas menulis, suka bercerita dengan temannya dan setiap hari mengerjakan soal yang saya berikan selalu lambat mengumpulkannya

    • Dear bu Etti, anak tsb tipe pembelajar yg auditory, cirinya suka berbicara dan didengar oleh orang lain. Segera buat peraturannya di kelas. Sbg guru, bu Etti boleh saja memotong jam istirahatnya di kelas, minta ia kerjakan dulu pekerjaannya. Ini utk membuat ia punya kebiasaan tuntas dlm bekerja

      • sudah sering saya memotong jam istirahatnya, tetapi jika seperti itu saya lakukan, dia menjadi asal jawab yang penting siap. Dia tidak memperdulikan hasilnya berapa. Bagaimana caranya lagi yang harus saya buat

    • berikan penguatan untuk ujian akhir sekolah bu, sambil terus dipelihara semangat belajarnya, maklum mereka ada di usia belasan yang perlu belajar mengelola waktu, diri dan sikap.
      Semoga berhasil ya bu Dwi

    • Cara yang paling baik adalah dengan menjadi asisten dulu guru yang lebih senior, atau jika tidak mungkin cari guru senior di sekolah lain lalu lakukan pengamatan caranya mengajar. Agar lebih mudah mengajar anak TK perlu
      1. kesabaran karena usia mereka yang masih sangat muda
      2. pengetahuan akan pedagogis yaitu aspek pengajaran sesuai usia
      3. menguasai manajemen kelas dan kemampuan mengkomunikasikan perkembangan siswa kepada orang tuanya
      ketiga hal di atas perlu kemauan keras untuk mempelajarinya
      Selamat mencoba

  87. salam kenal, maaf pak saya mau tanya…saya mengajar matematika di SMK yang siswanya laki-laki semua dan banyak yang bandel sehingga saat pelajaran sering ramai sendiri. dari segi pengetahuan kebanyakan mereka menegah kebawah, motivasi belajar kurang karena asal berangkat sekolah atau paksaan orang tua, kalau ulangan mereka hanya mengandalkan siswa yang pintar. ingin sekali membuat mereka memahami pelajaran saya serta merubah perilaku kurang baik mereka, tapi sepertinya mereka tidak peduli bahkan mendapat nilai jelekpun mereka tidak bermasalah. dan mereka justru kurang menyukai saya kerena pelajaran saya tidak pernah kosong dan saya sering memberikan tugas dengan harapan mereka mau belajar dan seprtinya mereka lebih menyukai guru yang jam pelajarnya sering kosong atau sering ditinggal. tolong bantu saya pak, supaya menjadi guru yang menyenangkan, tapi saya tetap menjalankan kewajiban saya dengan baik ” bukan disenangi karena sering kosong”. terimkasih

    • Dear bu Ana
      salut saya oleh semangat ibu menjadikan murid bisa sukses sekarang dan nanti.
      siswa SMK punya karakterisik yang unik, sekolah bisa dikaakan sukses jika mereka siap kerja, dengan demikian hal yang mesti jadi perhatian serius adalah mental mereka sebagai calon individu yang akan mengisi posisi di perusahaan atau wiraswasta.
      Tugas pelajaran untuk mereka diupayakan yang membuat keterampilan hidup dan skill mereka terasah, dengan demikian saat briefing penugasan guru bisa ceritakan kenapa tugas dari bu ana punya pola yang unik dan lain dari pelajaran lain
      Saya kebetulan punya blog rujukan yang bisa ibu kunjungi ketik saja nama Dedi Dwitagama di google, beliau adalah pendidik di SMK yang berhasil.
      Silahkan bersilaurahmi

  88. jika guru memberi sanksi tdk diikutkan ujian bagi siswa yg terlambat membayar SPP. sanksi sdh diberikan tapi kemudian kepala sekolah menginstruksikan agar siswa2 tersebut diikutkan saja ujian.
    padahal sanksi yg diberikan maksudnya agar siswa yg sebagian besar tdk melunasi SPPnya menjadi sadar bahwa ada kewajiban yg mereka miliki sebagai seorg siswa disekolah.
    dan saat siswa mendengar instruksi langsung dr kepala sekolah,mereka loncat kegirangan seperti merasakan kebebasan.

    apa yg harus dilakukan.?

    • Saya hargai semangat bu Ani untuk membuat siswa sadar akan kewajibannya, untuk situasi ini yang mesti anda lakukan adalah datang secara baik-baik kepada kepala sekolah untuk menjelaskan tindakan yang dilakukan untuk menyadarkan siswa. Memang sebagai kepala sekolah mungkin ada hal-hal yang kita tidak ketahui yang kemudian menjadi dasar tindakan beliau untuk membolehkan anak yang belum membayar SPP untuk mengikuti ujian.
      Untuk itu komunikasi sangat penting antara guru dan kepala sekolahnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s