Contoh-contoh komentar atau narasi di raport

Menulis komentar di raport sama susahnya dengan bersikap obyektif dalam keseharian dengan siswa. Saat menulis komentar di raport, guru sebenarnya bisa berbicara lebih dalam dari hanya sekedar berbicara soal nilai. Boleh saja dalam hal pengetahuan seorang siswa mendapat nilai 9, tetapi bagaimana menggambarkan dan menyampaikan kemampuan ia dalam bekerja sama, cara ia menangani masalah di kelas sampai bagaimana ia bersosialisasi dalam keseharian dikelas?  Padahal sebagai pendidik kita semua percaya bahwa kemampuan kerja sama dan ‘life skills’ lain yang akan membuat siswa sukses di masa depan. Bagaimana juga menyampaikan bagaimana seorang siswa yang mempunyai masalah perilaku di kelas, namun sebagai guru kita tetap menghargai usaha kerasnya untuk berubah dan tetap mencari ‘apa hal yang positif dari anak ini?’ Berikut ini adalah contoh komentar, kesemua nama menggunakan nama Agus untuk menyamarkan, mudah-mudahan berguna untuk anda

Untuk siswa yang sudah baik dan memenuhi harapan guru

Agus mempunyai komitmen yang tinggi untuk  bekerja dengan teliti dan  menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Ia selalu berusaha untuk positif, senang bekerja sama dengan orang lain,  mandiri dalam mengerjakan tugas serta mempunyai standar di atas rata-rata kelas. Agus mampu memusatkan perhatiannya dengan baik bila guru menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan.  Pertahankan antusiasme belajarmu di kelas 5, Agus!

Agus mempunyai kemampuan,  komitmen dan motivasi yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia juga mempunyai standar yang tinggi terhadap pekerjaannya. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Agus sudah mulai menggunakan kemampuan pemecahan masalahnya yang diatas rata-rata dalam presentasi dan kerja kelompok. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas serta dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan sekaligus menjadi anggota tim yang baik dalam kelompok kecil dan besar.

Agus mempunyai komitmen yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Keterampilan pemecahan masalahnya pun di atas rata-rata. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas dan dapat  menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang baik dalam kelompok kecil dan besar.  Ia juga secara konsisten dapat menggunakan keterampilan berkomunikasi lisannya dengan baik saat berdiskusi atau mempresentasikan hasil risetnya, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Untuk siswa yang perlu perhatian untuk kinerja di tahun depan

Agus menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu, bahkan terkadang lebih cepat dari temannya. Namun agar hasilnya lebih maksimal ia perlu lebih berhati-hati dan memeriksa kembali pekerjaannya sebelum menyerahkan kepada guru. Agus mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya. Dalam pelajaran Matematika, Agus masih membutuhkan waktu lebih banyak dalam memahami konsep-konsep baru. Diharapkan Agus dapat lebih tenang dan teliti saat mengerjakan soal, dengan membaca dan  mendengarkan instruksi yang diberikan secara hati-hati. Pada Term 4 ini sebenarnya Agus bisa lebih menguasai pembelajaran jika ia bisa lebih konsisten untuk datang dengan tepat waktu di sekolah. Semoga di Kelas 5 nanti hal ini bisa lebih mendapat perhatian.

Agus adalah seorang siswa yang punya jiwa artistik. Walupun masih sedikit senang melamun, Agus mulai terlihat antusias baik saat berdiskusi maupun saat melakukan kegiatan eksperimen. Kemampuannya dalam memahami bacaan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan mengalami peningkatan, namun ia masih perlu banyak berlatih untuk menuangkan ide-idenya secara  lebih sistematis dan berkonsentrasi dengan pekerjaan.  Dalam pelajaran Matematika, Agus diharapkan dapat meningkatkan komitmennya untuk lebih serius dan fokus saat mengerjakan tugas di kelas dan tidak mudah menyerah serta mau bertanya saat menghadapi soal-soal yang menurutnya sulit.

Siswa yang melalui tahun ini dengan kerja keras dan butuh dukungan

Agus mulai aktif memberikan idenya saat diskusi kelas dan kelompok. Dalam kegiatan bekerja dengan kelompok, ia selalu berusaha keras untuk menjadi anggota tim yang baik. Agus sangat menikmati pelajaran Matematika. Dalam pelajaran tersebut Agus dapat menunjukkan partisipasi aktif dan cepat menguasai konsep baru. Sayangnya dalam pelajaran lain Agus terkadang belum memberikan potensi terbaiknya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia  Agus masih mengalami kendala mengemas informasi ke dalam bentuk tulisan. Agus diharapkan dapat memusatkan perhatiannya dengan lebih baik bila guru menjelaskan suatu materi. Agar bisa sukses di kelas 5 nanti, Agus perlu berkomitmen untuk menyelesaikan tugas tepat waktu, berlatih terus  memperbaiki tulisan tangannya serta menggunakan waktu secara efektif untuk hasil belajar yang lebih maksimal.

Siswa yang mengalami peningkatan pesat di cawu ini

Di Term 4 ini Agus mulai menunjukkan komitmen untuk berkonsentrasi dan tidak mudah membiarkan orang lain mengalihkan perhatiannya saat mengerjakan tugas. Ia mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya. Dalam pelajaran Bahasa Inggris Agus sangat pesat peningkatannya, terutama dalam tata bahasa Inggris. Selamat Agus,  pertahankan prestasimu di kelas 5 nanti!

Agus menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu. Ia mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya. Agus terampil memimpin rekannya dalam kelompok kecil dan besar, namun harus lebih  memusatkan perhatiannya dengan baik bila guru sedang menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan. Dalam pelajaran Bahasa Inggris,  Agus juga sangat pesat peningkatannya. Selamat Agus,  pertahankan prestasimu di kelas 5!

About these ads

40 thoughts on “Contoh-contoh komentar atau narasi di raport

  1. Bagus sekali contoh komentarnya pak Agus, sangat memotivasi.
    Tapi saya jarang sekali melihat teman-teman guru di daerah memberikan komentar panjang seperti itu.

    Kebanyakan hanya berupa kalimat singkat ” sudah mencapai KKM”
    hmm, apa mungkin karena malas ya.. :(

    Oh ya, salam kenal pak. Saya pernah mengajar honorer juga selama 2 tahun di salah satu SMA di Ambon.

  2. maaf pak agus, saya memahami perkembangan setiap anak bahkan perubahan demi perubahan saya mengikutinya tapi ketika harus dituangkan lewat tulisan komentar itu sulit sekali mencari kata-kata yang menurut saya ingin menggambarkan kenyataan siswa kepada orang tuanya tapi dengan bahasa yang positif, gimana tu pak?

  3. di raport untuk siswa smp edisi terbaru tidak lagi disediakan kolom untuk komentari solusinya atau kolom motivasi jadi solusinya gimana pak?

    • Benar bu Sukajiah, sayang sekali padahal kombinasi angka dan komentar akan semakin membuat siswa dan orang tuanya mendapatkan umpan balik yang bermanfaat bagi kariernya sebagai pembelajar sepanjang hayat.

  4. Salam
    Pak Agus saya baru buka web ini, terima kasih sdh memberikan pencerahan kepada sy, cuma saya msh bingung ketika hrs memberikan komentar untuk siswa SD, bahasa yang tepat untk dipakai seperti apa yg memadukan penilaian aspek kognitif, psikomotorik, dan afektifnya.dulunya sy hanya memberikan comment dlm bentuk bahasa Inggris dan sy pegang pelajaran bahasa Indonesia, kdg sy merasa hal tsb seperti dipaksakan, akhirnya sy berkesimpulan hnya karena sebuah gengsi memikul embel-embel sekolah internasional. jujur ketika sekarang sy mengajar di sekolah negeri dan memegang kelas, sy harus memberikan komentar untuk anak didik sy, tapi sy masih bingung dari kalimat apa dulu. sebelumnya saya ucapakan terima kasih dan sy menunggu jawaban dari Bapak

    • Apa kabar bu Mila, utk komentar pada siswa, ada beberapa pola. Ibu bisa mulai dari meninjau soal perilaku dahulu utk anak yang punya masalah perilaku, misalnya pemalu, pemarah, sensitif dll. Gunakan bahasa yg positif selalu. Setelah itu baru silahkan meninjau 3 pelajaran utama (calistung) bahasa Indonesia, mtk, lalu bhs Inggris.
      Untuk anak yg cenderung baik2 saja, silahkan gunakan cara yg sebaliknya dari cara di atas.
      Jgn lupa untuk meminta pendapat rekan yg anda percaya utk membacanya lagi, siapa tahu ia punya pertimbangan lain.
      Oh ya kalau bu Mila berkenan, saya juga mau jd teman diskusi, kirimkan komentar report yg ibu buat ke email saya a.sampurno@gmail.com

  5. Salam kenal pak. Kalau kita hanya mengajarkan satu bidang studi saja, komentarnya bagaimana ya? di sekolah saya, setiap guru bidang studi harus memberikan komentarnya untuk setiap anak.

    Terimakasih ^_^ dan salam kenal

  6. pak agus,,saya baru buka web ini. dan saya merasa mendapat tambahan ilmu disaat nantinya saya menulis raport. ow ya,,saya eka dari BALI. terkadang kolom untuk menuliskan komentar pada raport itu terbatas, sedangkan ada banyak hal yang sebenarnya kita sampaikan kepada si anak lewat raport tersebut. intinya,,dalam jangka waktu yang panjang komentar kita apakan menjadi motivasi bagi si anak?

    • Memang itu juga menjadi kendala bagi banyak guru lainnya. Saran saya siasati dengan kalimat yang sudah anda persiapkan saat bertemu orang tua. Dengan demikian walaupun singkat kata-kata yang anda tulis di kolom komentar, ortu tetap dapat gambaran melalui pertemuan yang bermakna dengan anda sebagai guru anaknya. Salam dari jakarta Pak Eka.

    • Tidak ada pak, untuk tanggapan kepada guru bapak cukup tuliskan apa yang menjadi hal yang bapak risaukan dari hasil atau cara belajar anak pada gurunya

  7. sangat mengispiratif, terima kasih pak agus tulisan ini sangat membantu saya yang kesulitan menarasikan nilai pencapaian anak didik selama di sekolah. Ini menjadi ide saya untuk memberikan motivasi sekaligus membuka komunikasi yang membangun kepada wali murid, karena terkadang penyampaian kita kepada wali yang secara lisan kurang diperhatikan juga, mungkin dengan tulisan yang dapat dibuka-buka kembali oleh wali dapat membantu mereka untuk menyelaraskan pendidikan anaknya di sekolah dan di rumah.
    Terim kasih pak……

    • Alhamdulilllah jika membantu, makin semangat saya menulis hal lain yang kira-kira penting bagi pendidik lain, semoga bu Ulfah selalu sukses

  8. Terima aksih pak Agus berkat tulisan anda saya memiliki inspirasi dalam menuangkan hasil belajar siswa-siswi saya, namun saya masih bingung dalam menuangkan kata-kata tanpa adanya instrument/alat untuk menilai keseharian siswa-siswi saya, kira-kira ada saran atau ide untuk instrument penilaian rapot narasi pak ? terimakasih sebelumnya.

    • Untuk menilai keseharian siswa ada yang namanya anecdotal records, suatu cara menulis pandangan mata terhadap apa yang siswa buat, katakan dan lakukan selama pembelajaran di kelas yang kita ajar. Silahkan dicoba ya pak

      • pak agus,,tolong share contoh comment yg singkat unt pelajaran agama islam tp comment dlm bahasa inggris,,krn kebetulan saya mengajar di sekolah international,,trims

  9. Great Job Pak.. Sekedar saran…. jika boleh dan ada, masukkan juga prestasi yang ananda capai pada term tsb misal keikutsertaan dalam lomba atau kompetisi. Atau jk sklh memiki program pemberian penghargaan kpd siswa dg kriteria ttt, dpt dijelaskan juga alasan mengapa ia yang terpilih. Semakin sering guru membuat komentar umum, akan semakin tajam dan mudah bagi guru menuangkannya dalam tulisan. Tapi yang utama tentu saja guru hrs sangat mengenali siswanya.. semoga berkenan y a Pak :)

    • Thanks Bu Nina, senang saya dikunjungi di kurikulum 2013 memang penting bagi guru untuk bisa menulis komentar yang tepat sasaran dan membuat siswa termotivasi secara internal

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s