Tips membuat komentar atau narasi di raport

Buat seorang guru mengomentari siswa adalah bagian pekerjaan yang mesti dikerjakan setiap pertengahan dan akhir tahun ajaran. Untuk menjaga agar komentar guru bisa membangun sekaligus memberikan informasi yang terbaik mengenai hasil pembelajaran siswa, maka guru perlu memperhatikan prinsip di bawah ini.

(sebagai catatan tips dibawah ini diberikan oleh guru sekaligus mentor saya Ibu Yulia. Beliau memberikan tips ini beberapa tahun lalu dalam rapat menjelang kenaikan kelas. Thanks Bu Yulia, tips nya masih bermanfaat hingga kini, semoga menjadi amal ibadah untuk anda, amin)

Apa yang perlu dipertimbangkan?

Fokus dengan apa yang ingin kita nilai.

Memperhatikan setiap perkembangan yang diperlihatkan oleh siswa kita.

Menggunakan semua data penilaian yang kita miliki. Bukan berdasarkan spekulasi.

Buatlah komentar yang khusus untuk setiap anak, relevan, spesifik dan akurat.

Apa saja yang sebaiknya ada dalam komentar yang kita buat untuk siswa kita?

pencapaian hasil belajar siswa, apa yang telah diselesaikan atau apa yang telah dapat dilakukan oleh siswa kita

area dimana siswa masih membutuhkan banyak bantuan atau perbaikan

bagaimana siswa dapat belajar lebih banyak atau meningkatkan hasil belajar di masa yang akan datang.

Apa yang sebaiknya dipersiapkan?

Sikap positif, jangan memberikan komentar berdasarkan judgment yang melekat pada anak tersebut sebelumnya. Setiap anak dapat berubah. Bersikap terbuka pada setiap perubahan yang terjadi pada anak.

data penilaian yang kita miliki

catatan khusus mengenai siswa kita (anecdotal notes)

diskusikan dengan rekan kerja kita agar penilaian menjadi lebih objektif

Beberapa tips membuat komentar

untuk memudahkan buatlah pola yang sama untuk setiap anak.

Misalnya : buat komentar menjadi 3 bagian:

Bagian 1 : menjelaskan mengenai apa yang telah dicapai oleh siswa.

Bagian 2 : menjelaskan mengenai area dimana siswa masih membutuhkan bantuan atau bagaimana siswa dapat belajar dengan lebih baik.

Bagian 3 : menjelaskan target yang kita ingin siswa capai pada semester berikutnya dan bagaimana cara pencapaiannya.

gunakan “describing words” yang jelas dan mudah dimengerti. Hindari jargon. KIS – “Keep it simple!!”

Contoh :

Si Anu masih perlu meningkatkan kemampuan motorik halusnya dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Kemampuan Si Anu dalam memegang alat tulis pada saat menulis masih perlu ditingkatkan.

Sebaiknya jangan mengulangi apa yang telah dijelaskan pada bagian report criteria untuk menghindari pengulangan laporan.


Sekadar contoh……

Harry  menunjukkan perkembangan menggembirakan selama term 3 ini. Ia mulai terlihat percaya diri dalam mengemukakan pendapat pada saat diskusi kelas. Dalam hal menulis,  Harry perlu diingatkan untuk bekerja dengan lebih teliti agar tidak ada lagi huruf-huruf yang tertinggal atau kata-kata yang tidak lengkap dalam tulisannya. Pada term yang akan datang, kami akan terus membimbing Harry agar rasa percaya dirinya dapat lebih konsisten serta menulis dengan lebih teliti.

Nadya dapat menunjukkan sikap positif dan percaya diri terhadap pelajaran matematika selama semester satu ini. Ia adalah siswa yang mandiri dalam menyelesaikan tugas dan dapat menikmati berbagai bentuk kegiatan matematika yang berbeda. Kemampuan Nadya dalam menghitung cepat penjumlahan dengan hasil sampai 20 sudah baik sehingga membantunya menyelesaikan beberapa tugas dengan cepat. Untuk semester berikutnya Nadya diharapkan dapat lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam bekerja agar hasil belajarnya dapat lebih maksimal

Endang dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk bahan penulisannya melalui internet, buku dan wawancara dengan narasumber. Ia bekerja secara mandiri, antusias, dan penuh percaya diri dalam melakukan riset dan mengeksplorasi peran serta gagasan untuk bahan penulisannya. Ia juga sudah mulai memperlihatkan peningkatan dalam mengkomunikasikan hasil risetnya dengan efektif. Penyusunan kalimat dalam laporannya sudah lebih tersusun dengan struktur bahasa yang baik dan benar.

Ali  selalu antusias dan merasa tertantang saat mengerjakan soal-soal yang diberikan. Ia menikmati pelajaran yang sedang berlangsung dan dapat menjawab soal-soal cerita dengan menggunakan prosedur menjawab yang benar secara teratur dan sistematis, namun ia perlu bersikap lebih teliti dalam membaca dan memahami isi soal cerita. Kemampuan membaca isi soal cerita sangatlah penting, Ali dapat meningkatkan kedua kemampuan tersebut dengan membaca soal secara perlahan-lahan dan coba memahami maksud kalimat dalam soal satu persatu agar dapat melihat keterkaitannya satu sama lain.

About these ads

33 thoughts on “Tips membuat komentar atau narasi di raport

  1. hiks … hiks … jadi ingat rapor sekolah dulu. Sering kali yang tertulis hanya kata-kata : Pertahankan prestasimu (jika nilainya bagus) atau Belajar lebih giat lagi (jika nilainya sedang-sedang saja).
    Tips yang bagus, Pak. Semoga banyak guru yang membacanya.

    • Untuk kelas berapa saja bisa bu Farina bergantung pada kebijakan sekolah masing-masing. Di sekolah saya di setiap tingkatan ada unsur narasinya. Artinya ada kolom untuk guru memberikan komentar terhadap kinerja siswa.

  2. Alhamdulillah di tahun ini saya mendapatkan amanah untuk membuat laporan narasi tentang personality development, tips yang bapak tulis akan saya jadikan sbg salah satu acuannya, namun untuk narasi tentang, motivasi, sikap, percaya diri, kepemimpinan, tanggung jawab, pubertas dab konsep diri ini, adakah masukan lainnya? Jazakallaahu khairan Katsiira :)

  3. aslkm pk Agus mksh infonya..pk sy kesulitan untuk rapor TK,anak sy ni kemampuan melebihi dari usia atau pun teman2..karena anak ini di le khan tiap plg sekolah ,,,pdh sdh diekolah full…bgm narasi yg cocok untuk anak ini?mksh pk infonya..

    • Waalaikumsalam bu Yayuk
      Ibu bisa tekankan bahwa dalam bidang akademis anak tsb sudah bagus semua, tinggal saat nya ia menjadi siswa yang ‘berimbang’ dalam soal akademis dan hobby lain yang kira-kira berguna bagi pengembangan fisik dan emosionalnya dia di sekolah

  4. terima kasih Pak,dengan contoh2 diatas kiranya menolong teman2 saya di Tk yang masih kesulitan dan bingung menulis narsasi di rapor TK

    • Dalam menulis narasi niatkan utk memberikan informasi pada ortu siswa dgn pendekatan yg berimbang.Terima kasih sdh mampir ya

  5. Tips membuat komentar atau narasi di raport | Taman Kanak Kanak (TK) Permata, Wiyung Surabaya

    • Mantap bu Nur, menulis komentar akan lebih mudah jika kita sebagai guru rajin menulis catatan singkat mengenai perkembangan murid kita

    • Contoh yang saya berikan sudah merujuk kesana bu, silahkan mencoba nanti akan saya berikan penilaian dan tambahan ide

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s