‘Anekdotal Records’ cara untuk menemukan permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (Laporan dari Seminar mengenai Penelitian Tindakan Kelas di Kota Batusangkar Sumatera Barat 14 Maret 2010)

Saya datang ke kota Batusangkar Sumatera Barat untuk bertemu dengan guru dari berbagai macam tingkatan untuk berbicara mengenai Penelitian Tindakan Kelas. Selama acara seminar yang berlangsung selama lebih dari 3 jam saya berbagi denga guru yang hadir mengenai bagaimana cara terbaik menemukan masalah dalam pembelajaran sehari-hari di kelas yang kita lakukan sebagai seorang guru. Cara tersebut adalah menulis catatan singkat mengenai pembelajaran di kelas atau biasa di sebut ‘Anekdotal records’.

Sebuah anekdot adalah catatan dari suatu peristiwa di saat anda mengajar siswa di kelas. Catatan ini dapat terinci atau singkat. Laporan-laporan singkat yang anda tulis menggambarkan, dengan cara yang faktual, kejadian, konteksnya, dan apa yang dikatakan atau dilakukan oleh siswa anda Anekdotal Records fokus pada yang sangat sederhana, interaksi sehari-hari di antara siswa kita dan antara guru dan siswa.

Idealnya, catatan anekdot mesti dicatat segera setelah kejadian berlangsung dikelas anda. Namun, catatan anekdot biasanya ditulis kemudian di akhir hari.

Karakteristik Anekdotal Records:

  • laporan singkat perilaku siswa
  • Hasil pengamatan langsung.
  • Akurat dan spesifik
  • Memberikan konteks tingkah laku anak
  • Catatan perilaku khas atau yang tidak biasa

Tujuan:

Dengan menulis anecdotal records perubahan perilaku siswa dapat dilacak dan didokumentasikan, dan ditempatkan dalam portofolio anak yang dihasilkan di masa depan atau  perencanaan kurikulum dan orang tua siswa atau untuk Student led conference.

Contoh Records Anekdotal:

Nama siswa; Nuraini

Tanggal & Waktu: 12/3/10 8:45

Lokasi; kelas saat pelajaran IPA

Event & Perilaku yang diamati:

Selama belajar dalam kelompok, Nuraini membaca buku Orang utan  Selesai membaca, ia mengambil secarik kertas dan menggambar dengan percaya diri gambar apa yang akan dilakukannya untuk melestarikan Orang Utan.

PTK dan Anekdotal Records (menurut buku Wijaya Kusuma)

Jika guru rajin membuat catatan-catatan kecil pada akhir setiap pembelajaran yang dikelolanya, maka ia akan dengan mudah menemukan masalah yang dicarinya. Agar mampu merasakan dan mengungkapkan adanya masalah, maka seorang guru dituntut jujur pada diri sendiri dan melihat pembelajaran yang dikelolanya sebagai bagian penting dari dunianya. Setelah mengetahui permasalahan, selanjutnya melakukan analisis dan merumuskan masalah agar dapat dilakukan tindakan (acting).

Berikut adalah beberapa kriteria dalam penentuan masalah:

  • Masalah harus penting bagi orang yang mengusulkannya dan sekaligus signifikan dilihat dari segi pengembangan lembaga atau program;
  • Masalahnya hendaknya dalam jangkauan penanganan. Jangan sampai memilih masalah yang memerlukan komitmen terlalu besar dari pihak para penelitinya dan waktunya terlalu lama;
  • Pernyataan masalahnya harus mengungkapkan beberapa dimensi fundamental mengenai penyebab dan faktor, sehingga pemecahannya dapat dilakukan berdasarkan hal-hal fundamental ini daripada berdasarkan fenomena dangkal.

Berikut ini beberapa contoh masalah yang diidentifikasi sebagai fokus penelitian tindakan:

  • rendahnya kemampuan mengajukan pertanyaan kritis di kalangan mahasiswa;
  • rendahnya ketaatan staf pada perintah atasan;
  • rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris;
  • rendahnya kualitas pengelolaan interaksi guru-siswa-siswa;
  • rendahnya kualitas pembelajaran bahasa Inggris ditinjau dari tujuan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa tersebut; dan
  • rendahnya kemandirian belajar siswa di suatu sekolah menengah atas.

Kunjungan saya ke kota yang sejuk ini, sangat mengesankan karena bertemu dengan pihak penyelenggara dan peserta yang antusias. Semoga saya bisa kembali ke kota ini di lain kesempatan.

About these ads

5 thoughts on “‘Anekdotal Records’ cara untuk menemukan permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (Laporan dari Seminar mengenai Penelitian Tindakan Kelas di Kota Batusangkar Sumatera Barat 14 Maret 2010)

  1. Mantap, duh senangnya bisa berbagi dengan teman-teman guru di daerah. Salut buat pak Agus dan terus berbagi kepada sesama guru. Semoga kita bisa berkolaborasi di lain kesempatan.

    salam
    Omjay

  2. Tweets that mention ‘Anekdotal Records’ cara untuk menemukan permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (Laporan dari Seminar mengenai Penelitian Tindakan Kelas di Kota Batusangkar Sumatera Barat 14 Maret 2010) « Guru Kreatif. Creative Teacher -- T

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s