Membuat kelas menjadi kelas yang menyenangkan untk siswa belajar dan berbagi pengetahuan(Laporan workshop ‘Pengelolaan Kelas’ di SD Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan)

Dalam sebuah proses belajar dan mengajar di kelas, hal yang paling utama yang terjadi adalah proses interaksi antara guru dan siswa. Guru dan siswa selama jam pelajaran berlangsung, berinteraksi dan saling mengirim ‘pesan’ kepada satu dan lainnya. Pesan itu biasa di sebut sebagai proses komunikasi. Hanya guru yang bisa mengelola kelas yang baiklah yang bisa mengirim pesan secara positip sambil terus menjaga irama kelas agar menjadi menyenangkan untuk guru mengajar dan siswa belajar.

Di tanggal 20 Februari 2010,  bersama 65 guru Sekolah Dasar Bakti Mulya 400 Pondok Indah Jakarta Selatan saya mendiskusikan dan berbagi dengan guru-guru yang sangat mumpuni di bidangnya. Adapun topic yang dibahas adalah mengenai ‘pengelolaan kelas’.

Maklum saja sebagai sebuah instusi yang selalu mengembangkan diri dalam berbagai hal, di sekolah ini saya bertemu dengan banyak guru yang mau berubah dan terbuka untuk ide-ide baru. Tidak itu saja workshop yang saya fasilitasi pun dihadiri oleh wakil yayasan dan kepala bagian sumber daya manusia, ini membuktikan komitmen yang kuat dari pengurus dan pembina untuk menjadikan sekolah ini sebagai komunitas pembelajar.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan adalah cara mendiamkan atau mendapat perhatian siswa, antara lain.

1.     Tepuk tangan dengan ritme dan kemudian siswa/I akan mengikuti tepukan itu. Ini adalah sinyal agar mereka berhenti dan memusatkan perhatian kepada guru.

2.     Angkat satu tangan ke atas dan kemudian siswa/i anda akan mengikuti dengan mengangkat tangan mereka ke atas tanpa bersuara.

3.     Gunakan gambar sesuai warna lampu lalu lintas. Jika anda mengangkat warna merah, berarti mereka harus berhenti dan hijau dapat kembali bekerja.

4.     Dan lain sebagainya

Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan,namun sebelumnya, diskusikan dulu dengan siswa/i anda agar mereka bisa memenuhi ekspektasi anda. Workshop ini berlangsung dengan lancar dan peserta yang hadir tetap bersemangat sampai akhir hari. Mudah-mudahan workshop ini bisa menjadi tambahan bekal bagi para guru dalam menghadapi tahun ajaran baru yang akan datang

Dalam kesempatan worshop ini juga membahas

  • bagaimana menjadi guru yang di dengar oleh siswa nya
  • membuat kelas menjadi kelas yang menyenangkan untk siswa belajar dan berbagi pengetahuan
  • bagaimana menjadi guru yang bisa bersikap profesional di tempat kerja dan di antara rekan sejawat

Silahkan melihat seluruh isi foto pelatihan di link ini

http://picasaweb.google.com/a.sampurno/PElatihanSekolahBaktiMulya400PondokIndahJakSel?feat=directlink

About these ads

14 thoughts on “Membuat kelas menjadi kelas yang menyenangkan untk siswa belajar dan berbagi pengetahuan(Laporan workshop ‘Pengelolaan Kelas’ di SD Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan)

  1. Pak Agus… terima kasih.. ternyata Bapak punya pandangan yang amat positif pada kami staff pengajar Di Bakti Mulya 400…. itu berarti sekali untuk kami…
    semoga suatu saat … kami bisa bertemu lagi dengan Bapak dalam kesempatan yang berbeda…. Amien..
    Sukses untuk Pak Agus..

  2. Kreatif sekali cara mengkondisikan siswa dalam belajar.
    Salam kenal pak Agus, Jika ada waktu silahkan berkunjung ke blog Ibu guru dari Tangerang. Mohon ijin link ya…

  3. pak agus saya punya pertanyaan gimana kalau di dalam kelas itu terdapat satu atau dua orang anak yang over acting sehingga teman-temannya yang lain akan mengikutinya. apa kah metode yang bapak tawarkan diatas dapat berjalan dengan efektif. tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s