9 tips menjadi TK unggulan (Laporan Workshop pengembangan model belajar pada Raudatu Athfal (RA) dan Bustanul Athfal (BA) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan – Badan Litbang dan Diklat – Kementrian Agama RI di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo 25-27 Februari 2010)

Libur panjang 3 hari tanggal 26 sampai 28 Februari saya diundang untuk datang ke Kota Surakarta bertemu dengan 60 guru BA, RA dan TK Islam terpadu bersama Pusat penelitian dan pengembangan Departemen Agama dalam rangka  Workshop model belajar. Saya hadir untuk memberikan cakrawala mengenai bagaimana TK di sekolah internasional di jalankan

Berikut petikannya hal-hal apa saja yang dijalankan di banyak sekolah internasional

Pembelajarannya berbasis Inkuiri

  • Dorong siswa untuk menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran
  • Ketika mereka mengajukan pertanyaan kemudian bantu siswa untuk menemukan jawabannya melalui sederet kegiatan yang bersifat eksplorasi.

    Sekolah punya program menulis yang komprehensif.

    • Jadikan menulis sebagai bagian penting dari program di sekolah anda. Saya setuju bahwa TK selayaknya tidak memaksakan anak untuk menulis tetapi melatih motorik kasar dan halus siswa juga penting.
    • Latih keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata diperlukan untuk tulisan tangan. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendukung hal ini antara lain merangkai manik-manik, melukis dengan jari, bermain menggunakan tanah liat dan plastisin, menjahit dan menenun,(gunakan yang tidak tajam), menempatkan pasak di pegboard, melatih jari dan menggunakan berbagai alat tulis,
    • Jangan lupa menentukan gaya tulisan mana yang ingin anda kembangkan di sekolah anda.Lakukan ini bersama-sama dengan seluruh unsure di sekolah anda

Mata pelajarannya  terintegrasi

  • Doronglah siswa untuk berpikir secara mandiri, membuat pilihan, menjadi pemecah masalah, mengekspresikan diri secara kreatif dan bekerja sama dengan orang lain.
  • Topik intregrasi pembelajaran yang biasa di ajarkan di TK antara lain, Siapakah aku, Air sahabat kehidupan, Main yuk..!, Orang-orang yang berjasa di kehidupan kita (pekerja sosial dll), Aku suka temanku, Tanaman dan tumbuhan di sekitar kita, Dengarkan ceritaku, 5 Indera perasa dan lain-lain

Sekolah punya program membaca

  • Tanamkan kepada guru yang bertugas bahwa membaca adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menarik, dijamin siswa akan percaya diri saat membaca. Adakan program membaca ‘reading programme’ dan buku-buku perpustakaan yang dikirim pulang secara teratur oleh siswa.

Sekolah melatih anak percaya diri

  • Kembangkan  kemampuan siswa untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat dengan jelas dan lancar, untuk berbicara dengan penuh percaya diri di depan teman-teman, untuk berpartisipasi dalam kelompok kecil dan diskusi kelompok besar dan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang relevan.

Memasukkan aspek Teknologi informasi

  • Siswa menggunakan computer dengan tujuan dan bukan sekedar alat untuk bermain
  • Guru memasukkan aspek penggunaan computer dalam rencana pembelajarannya
  • Komputer yang ada di lengkapi dengan CD Rom untuk siswa mencari pengetahuan yang dibutuhkannya

Mengajarkan Bahasa Inggris atau Mandarin sambil memperkuat bahasa ibu

  • Kembangkan dan memperoleh kepercayaan mereka dalam menggunakan keterampilan berbahasa Inggris melalui pemodelan, sosialisasi dan interaksi dengan orang lain.
  • Guru selayaknya juga mau mencoba berbahasa Inggris melalui intruksi dan perintah sederhana yang membuat siswa yang mendengarnya mau juga mencoba dengan percaya diri.
  • Sekolah mempunyai kebijakan soal bahasa, sekolah yang baik bukan sekedar mengajarkan 2 atau 3 bahasa secara bersamaan, tetapi bagaimana sekolah tersebut memlihara bahasa ibu (mother tongue)
  • Buat konser sederhana dan presentasi,atau assembly  anak-anak. Semua siswa didorong untuk menunjukkan keterampilan musik, penggunaan bahasa asing dan kepercayaan diri sendiri

Kegiatannya melalu kegiatan yang bersifat hands on

  • Kegiatan Hands-on kegiatan adalah kegiatan yang membiarkan siswa  untuk mengembangkan  makna pribadi dari penemuan mereka.
  • metode belajar ini cocok untuk memuaskan sifat rasa ingin tahu anak

Aktivitas pembelajarannya menggunakan sentra-sentra

  • Sentra pusat pembelajaran adalah cara paling efektif untuk memfasilitasi pembelajaran inkuiri pada siswa.
  • Anak-anak mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab ketika mereka bekerja sama dengan satu sama lain.
  • Guru bekerja dengan anak-anak secara individu atau dalam kelompok kecil untuk memenuhi kebutuhan individu semua siswa.

 

Rekan guru dimana saja berada, jadilah member dari forum yg akan banyak membahas pendidikan karakter dan semua hal seputar guru dan pendidikan. Bergabunglah sekarang di http://forum.thinking-art.co.id/forum.php

About these ads

16 gagasan untuk “9 tips menjadi TK unggulan (Laporan Workshop pengembangan model belajar pada Raudatu Athfal (RA) dan Bustanul Athfal (BA) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan – Badan Litbang dan Diklat – Kementrian Agama RI di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo 25-27 Februari 2010)

  1. sayangnya kami yang didesa tidak mudah untuk menerapkan itu semua apalagi setiap pengawas tidak serius memantau perkembangan pendidikan kuhususnya tk…

  2. Artikel menarik dan blog yang sangat edukatif plus bermanfaat..pokoknya T O P deh…
    Saya Kak Zepe…Salam Kenal…
    Saya juga punya tisp pendidikan kreatif…
    banyak lagu anak yang bisa dipakai untuk gerak
    dan lagu..dan masih banyak lagu anak-anak lainnya..
    Lagu2 saya sudah banyak dpakai di TK dan PAUD seluruh Indonesia..pokoknya segala sesuatu tentang anak ada di blog saya..
    Mari berkunjung di blog saya
    Di http://lagu2anak.blogspot.com
    Kalau mau bertukar link, silakan lho…

  3. kesulitan guru, kepala sekolah, dan pengawas TK di sekolah terutama di desa adalah minimnya informasi yang diperoleh untuk mengembangkan kompetensi diri. blog ini telah mampu menjadi salah satu jalan mengatasinya. Mhn diperbanyak lagi tulisan-tulisan yang akan semakin membantu guru seperti pengembangan tema/jaringan tema dan RKM yang menginspirasi guru untuk mengaplikasikannya di TK dengan menyesuaikan sikonnya. trim.s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s