Serba-serbi memajang hasil karya siswa (mendisplay) di ruang kelas. Laporan dari workshop tentang display di SD Islam Mentari Arridho Pulo Gebang Cakung Jakarta Timur (2)

Jika anda guru yang perduli dengan cara untuk memotivasi siswa agar punya standar yang baik dalam proses belajarnya, silahkan cermati tips dibawah ini, Tips ini menjadi bagian dari workshop mengenai display yang saya bawakan di Sekolah Mentari Arridho Pulo Gebang Jakarta Timur. Silahkan menikmati juga rancangan display yang dibuat oleh guru dari berbagai macam tingkatan yang serius mengikuti workshop display ini;

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim1

Rancangan display bagi kelas TK oleh kelompok guru TK Mentari Arridho. Untuk siswa taman kanak-kanak display dengan benda berukuran besar memang dianjurkan.

Gunakan waktu luang siswa untuk membantu anda membuat display atau pajangan di kelas. Ini mungkin tidak berlaku bagi kelas rendah yang berbahaya jika memegang gunting dan alat display lainnya, tapi untuk kelas besar mengapa tidak? Libatkan mereka saat membuat pajangan dikelas. Jadi jika siswa di kelas anda sudah selesai mengerjakan tugas minta ia menggunting dan melakukan pekerjaan menghias untuk kelas anda. Jika tidak terpakai langsung, silahkan gunakan amplop untuk menyimpan sehingga bisa digunakan pada papan pajangan kelas di tema berikutnya.

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim2

Rancangan display yang ditujukan untuk pembelajaran imu sosial (IPS) mengenai pulau Jawa. Sebagai latar belakang guru menggambar peta pulau Jawa dengan pembesaraan dibantu dengan alat OHP. Perhatikan sudut-sudut display yang dihiasi oleh gambar tempat-tempat bersejarah di pulau Jawa.

Daripada berulang kali mengingatkan siswa untuk mengoreksi kesalahan yang sama, buat tampilan display yang menjelaskan kesalahan dan prosedur yang benar seperti yang anda harapkan.

Jika ada libur yang cukup lama misalnya di awal tahun, tutupilah hiasan kelas yang ada dengan koran. Ini untuk membuat warna-warna kertas tidak menjadi buram dan tidak bagus untuk dipandang. Apalagi jika kelas anda mempunyai jendela yang banyak dan berlimpah sinar matahari.

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim3

Inilah karya para guru Iqra, sebuah paduan yang menarik dari nilai agama dan seni. Untuk display mengenai rukun Islam mereka menjadikan benda di luar angkasa sebagai latar. Usul saya jika display seperti ini di cetak dengan serius, bisa dijadikan display wajib di setiap kelas.

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim4

Guru-guru kelas 3 tidak mau kalah mereka meminta siswa untuk menggambar silsilah keluarga mereka di lembar kerja lalu dengan latar belakang yang gelap menjadikan lembar kerja terlihat jelas. Perhatikan juga penggunaan pembatas display yang terbuat dari jalinan miniatur orang yang bersatu.

Jika papan hiasan kelas anda terbuat dari papan, pastikan tutup papan tersebut dengan kertas terlebih dahulu baru kemudian letakkan hasil karya siswa. Jika papannya terbuat dari triplek yang keras gunakan selotip 2 muka alias bolak balik, atau selotip biasa saja dengan ukuran besar untuk kemudian di sambung hingga membentuk semua sisi yang memiliki daya rekat. Kertas yang digunakan untuk menutup papan bisa merupakan kertas baru atau kertas bekas yang digunakan kembali.

Jika papan yang digunakan adalah papan yang terbuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan, gunakan stepler gun untuk menempelkan keras penutup di papan dasarnya.

Buatlah hiasan yang menarik untuk pinggiran papan pajangan. Bisa gunakan jertas yang digunting dengan membentuk pola, atau daun kering dan ranting pohon kecil sesuai dengan tema karya siswa anda.

Gunakan judul yang bisa dilihat dari jauh dan jenis huruf yang tidak neko-neko. Artinya gunakan jenis huruf yang biasa saja dan gampang dibaca. Walaupun bagus huruf yang melingkar-lingkar apalagi dalam ukuran yang kecil akan mengaburkan makna.

Ingat tidak semua papan hiasan di kelas harus penuh dengan dekorasi. Jika ini yang anda pikirkan maka sepertinya tugas anda tidak akan selesai-selesai. Bagilah menjadi 2 bagian pajangan hiasan yang sesuai dengan tema di pelajaran kelas dan pajangan yang sifatnya meneguhkan prosedur, daftar rutinitas atau peraturan di kelas. Untuk yang terakhir, silahkan anda menghias seperlunya saja. Bahkan untuk menempel artikel koran, majalah atau buku, ide-ide yang sifatnya up to date, kartun karya siswa yang lucu-lucu anda boleh menggunakan papan kosong saja.

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim5

Display bagi kelas play group dan TKA, gambar buah-buahan yang dikerjakan oleh siswa diletakkan dengan latar belakang berbentuk keranjang buah.

Hampir semua software komputer bisa digunakan untuk membuat pajangan di kelas jika anda mau silahkan gunaka Ms Publisher untuk membuat banner untuk judul yang besar.

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim6

Kelompok guru yang mengerjakan rancangan display ini menjadikan kertas krep sebagai andalam dalam emmbuat latar belakang yang membentuk menjadi tirai. Sebuah upaya yang serius dalam menjadikan display sebagai hal yang menarik di kelas. Cocoknya display ini digunakan untuk menempel topik yang diajarkan di kelas dalam waktu cukup lama. Mengingat pengerjaan display ini yang memakan waktu.

Daripada menggunakan printer warna untuk mencetak pajangan kelas yang besar, silahkan gunakan OHP untuk menyorot gambar yang anda inginkan dari jauh hingga anda bisa lengsung mengikuti atau menjiplaknya, untuk warnanya, silahkan bersama-sama dengan siswa mewarnai.

Papan pajangan kelas tidak hanya berisi karya siswa, bisa saja anda muat konsep-konsep yang perlu siswa ketahui dan bisa menjadi bahan atau alat bantu mengajar dikelas.

Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim7

Tangan-tangan yang melambai, melambangkan peran serta siswa sebagai anggota komunitas. Jika ingin rancangan ini diwujudkan siswa memerlukan untk mencetak sendiri tanganya dan menuliskan hal apa yang menurut mereka dipersyaratkan sebagai anggota komunitas yang baik

Bosan dengan papan display 2 dimensi? silahkan mencoba dengan papan display 3 dimensi. Benda-benda seperti bulu, bunga kering , daun kering, kain perca, topeng, topi, kostum, manik-manik dan sebagainya semuanya dapat dimasukkan ke dalam papan buletin Anda.  Silahkan juga bereksplorasi mengggunakan  menggunakan beberapa tekstur untuk membuat papan pengumuman lebih menarik.

Taruhlah  pertanyaan harian, teka-teki, atau teka-teki bagi siswa untuk dieksplorasi ketika mereka memasuki ruangan yang berhubungan dengan topik yang akan dipelajari hari itu. ini akan membuat siswa terlibat dan membuat papan hisa anda di kelas menjadi interaktif, untuk jawaban dari pertanyaan yang anda ajukan silahkan anda letakkan dikantong atau tutupi dengan kain atau kertas.

Gantung jemuran di salah satu dinding ruangan Anda, sampirkan siswa ‘kertas ke baris dengan jemuran

Untuk bahan pembatas papan hias anda silahkah gunakan bahan dan ide-ide kreatif untuk dimasukkan ke dalam batas yang unik. kain, permainan potongan, sutra bunga, pita, daun, kartu ucapan, atau foto-foto semua bisa dimasukkan sebagai batas papan hiasan.

Sebuah papan hiasan bukan sekedar pajangan, artinya silahkan gunakan juga sebagai alat pembelajaran dan sarana memotivasi siswa.

 

 

About these ads

48 thoughts on “Serba-serbi memajang hasil karya siswa (mendisplay) di ruang kelas. Laporan dari workshop tentang display di SD Islam Mentari Arridho Pulo Gebang Cakung Jakarta Timur (2)

  1. pak agus, kendala di sklh sy (MI), ruangannya bergantian/bergiliran dg siswa MTS. jd kl pg ruangan kls untk siswa MI dan siang hr untk siswa MTS. pernah bahkan sering kjadian, display siswa MI di coret2 bhkan dirusak oleh siswa MTS. Kami sdh smpaikan pd guru MTS ttg kjdian tsb,.. tp sjk peristiwa itu siswa kami jd krg smangat membuat display, bahkan menyarankan agar sy tdk usah memajang karya mrk, mnrt siswa kami “lbh baik karya siswa dibagikan dibw pulang, bu. drpd dipajang di kls malah rusak oleh siswa MTS” begitu usul siswa kami.

  2. Bila ada informasi menenai workshop atau lembaga yang bisa memberikan pelatihan display di sekolah mohon informasinya n_n…terimakasih

  3. aq sangat brkesan dngan display tersebut…jika da info lbh lanjut tlg d posting kn ya…..
    smg nanti bs jd bahan refreshing bgi skolahan kami
    terima kasih sebelumnya….

  4. Subhanallah banyak sekali pelajaran yang bisa diambil … kalo ada pelatihan kontak saya ya pa di 085722306082

    • Alhamdulillah senangnya saya bisa membantu. Maju terus ya bu dalam memberikan yang terbaik untuk siswa. Doakan saya juga semoga bisa memberikan ide dan demi kemajuan pendidikan Indonesia

    • Silahkan Ustadz, senang bisa bersilaturahmi di dunia maya, mudah-mudahan ada waktu dan kesempatan untuk saya bersilaturahmi.

  5. Senang sekali melihat karya-karya guru yang kreatif dan semangat serta iklas dalam menjalankan tugas profesinya. Thanks for sharing. .

    Salam
    blog Ibu Guru Kami – Tangerang

  6. kendala di tempat saya adalah dinding yang tidak boleh ditempelin…..bagaimana solusinya, papan mading tak cukup buat display jika semua mata pelajaran masuk , karena ada jadwal piket dlll

    • Untuk dinding yang tidak boleh ditempel, ibu bisa gunakan papan bekas yg bisa dibuat berdiri. Dengan demikian anak-anak tetap mendapat sarana untuk berekspresi

  7. ok . bagus bangets , piket besok akan aku gunakan mendisply kelasku ,agar anak – anak lebih betah belajar bersamaku , dan juga memotivasi anak untuk menjadi kreatif . mks .> slm pendidikan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s