10 sebab mengapa siswa jenuh terhadap anda.

profil guru di kelasSiswa anda jenuh? mungkin ini penyebabnya;

  1. Suara anda terlalu datar.
  2. Raut wajah anda tanpa ekspresi
  3. sibuk berada dibelakang meja saat pembelajaran berlangsung.
  4. Baru memulai pembelajaran langsung melakukan ceramah, dan tidak ada pemanasan seperti permainan atau hal yang membuat siswa terbuka pikirannya dan menjadi semangat.
  5. Guru miskin gerak, lakukan gerakan bersama agar siswa anda menjadi fokus.
  6. Maunya anak langsung bisa menguasai pembelajaran, tanpa mengedepankan unsur kolaborasi antar dalam pembelajaran.
  7. Tidak punya prosedur rutin di kelas, peraturan serta konsekuensi.
  8. Membiarkan virus ‘kemalasan’ menyebar. Saat anda mendiamkan siswa yang berbuat melanggar peraturan maka yang lain jadi malas melakukan hal yang baik saat anda berada di kelas.
  9. Jarang senyum
  10. Terlalu banyak humor dan tidak serius.
About these ads

10 thoughts on “10 sebab mengapa siswa jenuh terhadap anda.

  1. Salam kenal pak. pak ijin copas ya, mau saya tempel di ruang guru sekolah kami, oh iya…pak agus sudah pernah ngisi di Batam belum ya? kalau kapan2 kami undang bisa kan pak?kami sedang merintis SDIT baru di Batam namanya SDIT Tunas Cendekia.

    Silahkan. Di Batam belum pak Sudiyono, saya baru sampai Pekanbaru. Jika Pak Sudiyono berkenan saya pasti datang. Salam hormat saya untuk yang ada di SDIT Tunas Cendekia

  2. Sepertinya ada yang kurang, gurunya sibuk makan bakso di kantin /kantor sambil jagongan kala jam pelajaran …

    Hahaha, pak Sugiarno, jika demikian adanya dibutuhkan keterampilan manajemen waktu bagi guru agar bisa melaksanakan tugas, sambil tidak mengorbankan hak siswa dan hak pribadi guru.
    Thanks for your comment..

  3. sebagai seorang guru baru,saya sering merasa frustasi ketika mengajar,karena siswa tidak mendengarkan apa yang saya jelaskan.saya sadar kemampuan manajemen kelas saya kurang.apa ada saran dari bapak? tambahan pula,menurut saya suara saya tidak bgtu lantang…terima kasih atas jawabannya

  4. setelah anda menyimpulkan tentang 10 sebab siswa jenuh dg gurunya,,lantas solusi untuk para guru agar tidak sampai melakukan k10 hal itu apa?saya ingin anda memberika solusi yang tepat tidak hanya menunjukkan 10 hal2 itu saja. terimakasih….

  5. Aku mau tanya pak! Seperti apa pendahuluan yang dapat membangkitkan semangat siswa? Misalnya seperti jangan langsung ceramah, tetapi melakukan gerakan, gerakan seperti apa pak? kalau kita datang ke kelas langsung menyuruh mereka melakukan gerakan, apakah itu tidak menyebabkan ketidaksenangan kepada kita? Kadang mereka yang tidak suka itu menggerutu misalnya “pak guru ini ada-ada aja”

  6. waaahhh menariik sekali pembahasannyaa. saya tertarik pada point ke sepuluh, basicly anak2 itu suka sesuatu yang ceria, apakah sesuuatu yang humoris justru “mengganggu” kewibawaan seorang guru, karna pada dasarnya saya mahasiswa PGSD yang senang candaan, even saya mengerti batasan-batasannya… terima kasih blog ini sangat membantu “CAGUR” seperti saya… regards

  7. terima kasih pa mungkin itulah yang menjadi saya di sekolah sangat membosankan terus bagaimana solusinya?

    • Terima kasih bahasannya,ijin sebagai bahan untuk rujukan tulisan masalah pembelajaran efektif ya..cukup banyak teori, tapi keterampilan guru untuk mempraktekkannya yang kurang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s