7 cara menjadi guru yang profesional dalam bersikap

1.      Anda sedang berada diruang guru untuk beristirahat atau sekedar berkumpul dengan rekan sejawat? Sedikit demi sedikit ubah kebiasaan untuk membicarakan hal dan topik diluar areal kita sebagai pendidik professional. Pertama kali anda mungkin akan dianggap aneh, namun sebagai guru jangan khawatir dianggap aneh jika yang kita maksudkan adalah demi perbaikan pola pikir dalam bersikap dan berkarier. Sekarang mana yang lebih penting, membicarakan gosip artis terbaru atau menganalisa pola pikir pemilih pemula dalam pemilu yang baru lalu yang nota bene adalah siswa-siswi kita? Tidak itu saja banyak topik yang jika kita renungkan, tidak layak didiskusikan oleh guru sebagai pendidik. Jika anda masih merasa sulit untuk melakukan hal diatas, caranya gampang, cukup cari bacaan yang bermanfaat, bacalah maka anda akan terhindar dari pembicaraan yang sia-sia di ruang guru.

2.      Jika anda punya rekan baru, bimbinglah dan berikan support dan dukungan untuk maju dengan cara selalu berkomentar positip untuk hal-hal yang dilakukannya. Tempatkan diri anda pada dirinya, maka anda akan menjadi rekan kerja yang supportif dan mau mengerti.

3.      Saat rapat, usahakan lah memberikan ide yang terbaik, masalahnya bukan pada diterima atau tidak, tapi sudahkah anda belajar meyakinkan orang lain bahwa ide andalah yang terbaik. Hal yang terbaik ketika meyakinkan rekan sekerja adalah dengan menggunakan data yang berupa hasil riset.

4.      Jadilah guru yang berpikiran terbuka atas ide atau pendapat orang lain, menyadari kelemahan dan kekuatan diri kita sendiri, dijamin makin hari wawasan dan kualitas diri kita sebagai guru akan bertambah.

5.      Ciptakan jaringan bagi diri sendiri yang membuat anda semakin hari berubah kearah guru yang lebih baik. Gunakan situs pertemanan seperti facebook untuk membuat jaringan pada pribadi-pribadi yang membuat anda bersemangat untuk maju. Jangan gunakan situs pertemanan untuk pelarian ketika anda mempunyai masalah dengan rekan sekerja di sekolah. Sambil berusaha sedikit demi sedikit menyelesaikan hal yang mungkin menjadi ganjalan , buktikan bahwa jika anda tidak mendapatkan support yang baik disekolah anda bisa mendapatkannya dengan bantuan teknologi.

6.      Semua guru berbeda, seperti juga terhadap siswa, sebagai rekan kita semestinya menjadikan perbedaan itu sebagai anugrah. Dengan menyadari perbedaan, pikiran kita akan lebih cepat terbuka ketika menerima kritik, masukan dan ide dari rekan sekerja. Saat yang sama kita menjadi lebih jujur mengenai kelebihan dan tidak malu mengatakan kekurangan sebagai pribadi.

7.      Jangan takut untuk dibicarakan oleh orang lain ‘dibelakang’. Terkadang sebagai guru, hanya karena takut dibicarakan orang lain dibelakang, guru menjadi malas untuk berinovasi dan melakukan sesuatu dengan cara yang kreatif dan beda. Padahal jika sebagai guru, kita yakin bahwa hal yang kita lakukan demi kebaikan siswa, untuk apa pusing mendengarkan pendapat orang lain. Mari mensucikan niat bahwa semua hal yang terbaik yang kita lakukan adalah demi mempersiapkan masa depan siswa, bukan demi karier, demi dipuji rekan, atasan dan orang tua siswa.

 

Rekan guru dimana saja berada, jadilah member dari forum yg akan banyak membahas pendidikan karakter dan semua hal seputar guru dan pendidikan. Bergabunglah sekarang di http://forum.thinking-art.co.id/forum.php

80 gagasan untuk “7 cara menjadi guru yang profesional dalam bersikap

  1. tips yang menarik pak agus, kalo boleh di tambah satu lagi…

    guru harus terus belajar, berdiskusi, membaca, dan menulis. Wlau jabatannya adalah guru yang mengajar, bukan berarti ia berhenti belajar. Justru semakin besar seorang guru, pastilah karena ia banyak belajar….

    sukses untuk pak agus!

  2. Guru : Di gugu lan Ditiru, artinya “Guru di turuti dan dicontoh”…so, ingin seperti apa murid Anda, seperti itu pula Anda harus bersikap dan bertutur kata…. sekalian mo ngasih tau, klo Bapak/Ibu sekalian butuh tambahan materi pendidikan, http://www.tokomuslimku.com menyediakan multimedia pendidikan.
    trims

  3. INFO TERBARU untuk PARA konseLOr SEKOLAH

    Para Guru BK yang ikut sertifikasi guru, pada umumnya terbentur dalam pembuatan Satuan layanan Konseling ( Satlan), dan Program Bimbingan Konseling. Akibatnya banyak guru BK peserta sertifikasi yang terpaksa harus mengikuti DPG ( Diklat Profesi Guru). yang anehnya, pada lebar fortofolio malah dilampirkan pula RPP, mana ada RPP untuk guru BK, untuk membantu para Konselor sekolah, saya pnya berbagai perangkat Bimbingan Konseling yang barangkali berguna bagi Bapak dan Ibu ditempat tugasnya masing-masing, atau juga untuk keperluan kelengkapan berkas sertifikasi,
    diantaranya :

    1. Format program Tahunan Pelaksanaan Bimbingan konseling di Sekolah
    2. Format Program Semesteran Bimbingan dan Konseling di sekolah
    3. format Program Mingguan Bimbingan Konseling
    4. Format Program Harian Bimbingan dan Konseling
    5. Format pelaporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
    5.1. Jenis Layanan Tehadap siswa
    5.2. format Nilai hasil Bimbingan Konseling siswa

    6. Contoh Satuan layanan ( Satlan) Bimbingan dan Konseling untuk SMP:
    6.1. Contoh satuan layanan informasi
    6.2. Contoh Satuan Layanan Bimbingan kelompok
    6.3. Contoh Satuan Layanan Orientasi
    6.4. contoh Satuan layanan Mediasi
    6.5. contoh satuan layanan Penguasaan Konten ( PKO )
    6.6. Contoh Satuan Layanan Konsultasi
    6.7. Contoh Satuan Layanan konseling kelompok
    6.8. Contoh Satuan Layanan Konseling perorangan

    Pada awalnya, smua perangkat ini saya berikan secara gratis, namun berdasarkan saran dari rekan-rekan yang juga Konselor, supaya adalah semacam ” uang terimakasih”, tapi saya menyebutnya sebagai ‘ uang silaturahmi’ aja. saya yakin bapak dan ibu petugas BK di sekolah sangat membutuhkan semua perangkat ini. Untukksemua perangkat ini, Bapak dan Ibu bisa mendapatkannya hanya dengan Uang Rp.25.000 ( duapuluhlimaribu rupiah) sebagai ‘uang silaturahmi” Saya yakin,uang sebanyak itu tidak ada artinya bagi Bapak dan Ibu bila dibandingkan dengan kebutuhan perangkat BK yang sangat wajib dimiliki oleh seorang guru BK. caranya, Bapak dan Ibu cukup mengirimkan uang tersebut kepengelola yakni :

    ke ; BRI Sibolga Unit Barus
    Rekening : 5368-01-001232-53-2
    Atas Nama; Drs. Wannef

    semua perangkat segera akan saya kirim setelah Bapak/ Ibu menginformasikan bahwa uang telah bapak/ Ibu kirimkan melalui SMS ke : 0813 6239 8884, sekaligus alamat E-mail bapak/ Ibu supaya semua perangkat langsung sampai di meja Bapak dan Ibu sekalian. Bagi bapak dan ibu yang memesan sebelum jam 00,00 Hari kamis 30 April 2009 akan saya berikan bonus contoh satuan layanan Bimbingan konseling keals IX untuk SMP semester genap. kemudian bagi bapak-bapak yang sudah menerima perangkat ini yang jumlahnya sudah ribuan orang, saya ucapkan selamat bekerja. selamat untuk mensukseskan BK, dan salam KOPASTA !!!

  4. saya setuju dengn artikel bapak. saya tertarik dengan poin 7. saya mengalami sendiri bekerja dengan ketakutan untuk diperbincangkan. saya menjadi pribadi yang kerdil dan tidak menghasilkan apapun. tetapi ketika saya mulai membangun pikiran positif dan maju tanpa takut menjadi bahan perbincangan saya menjadi pribadi yang luar biasa. Mks atas artikelnya. kapan saya bisa bincang-bincang dengan Bp..ingin belajar banyak hal.

  5. Setuju pak Agus, ndak usah mikir pendapat teman, yang terpenting kita mampu memerdekakan potensi siswa. Menemani siswa bertumbuh dan berkembang.

    Selamat siang.

  6. terimkasih atas info yang diberikan di blog bapak, kami mohon ijin untuk menampilkan artikel Pak Agus di website kami, terus berkarya dan sukses selalu, terimakasih

    salam hangat dari kami
    MGMP KKPI Jakarta Utara

  7. bagus to teori point 6.prakteknya sangat sulit to terapkan dan mensyukuri anugrah itu.bagemana menyikapi teman yang tidak pernah suka dengan kita,hanya mau mengkritik dan mencemooh.dan selalu dianggap pesaing.

    @Rina
    Thanks sudah mampir.
    berbahagialah jika anda dianggap pesaing karena pada dasarnya anda punya kelebihan.
    Yang tidak boleh jika kita lalu merasa tertekan.
    Jadilah orang yang terbaik dalam hal kompetensi, sambil terus berbagi dan mau bersedekah ilmu

  8. tips dan ide ini sangat bagus, saya ucapkan terima kasih atas idenya insya Allah akan saya sebarkan ini di sekolah saya.

    Silahkan Pak Amin, terima kasih sudah mampir

  9. Assalamu’alaikum Warohmatullahi wabarakatuh
    Barakallufik

    Artikel yang bermanfaat.
    Tapi ana mau tanya bagaimana dengan kami ini yg mengajar didaerah yg agak terpencil dan didaerah yg lingkungannya kurang kondusif untuk ke arah pendidikan ?…

    Mudah2an ada artikel yg bisa minimal untuk guru2 di daerah terpencil guna menunjang bagi kami.

  10. pak….
    saya seorang mahasiswi FKIP disalah satu Perguruan tinggi di palembang,, saya bingung ketika saya harus berhadapan dengan murid padahal, temen2 saya sudah banyak yang mengajar,,,
    selain itu saya rasa apa yang saya dapat tidak membuat saya lebih baik padahal karene waktu kuliah saya tersita dengan pekerjaan dirumah membantu ibu saya berJualan.
    saya takut ketika saya terjun untuk mengajar saya tidak punya pegangan,,,

    dan saya juga terima kasih atas info dari bapak ini jadi motivasi saya untuk lebih maju lagi…

  11. gimana si cara mengatasi anak yang nakal dan tidk hormat kpda guru ???

    gimana mau jd guru yang profesional, kalu membuat siswa menjadi tertib aja gak bisa…

    rasa mau berhenti jdi guru….

  12. asslamu’alaikum…
    gimana si cara mengatasi anak yang nakal dan tidk hormat kpda guru ???

    gimana mau jd guru yang profesional, kalu membuat siswa menjadi tertib aja gak bisa…

    rasa mau berhenti jdi guru….

  13. pak…
    saya mahasiswi di UNPAM dan sekarang baru semester IV. cita2 saya adalah menjadi seorang guru, sekarang saya baru bantu2 saja d tempat les.
    saya ingin meniti karier dari mengajar SD dahulu, dan klo biza sampe ke SMP jg….
    do’a kan ya pak,,,
    s;moga cita2 saya tercapai…
    amin…

    o’ya pesan dr bpk sangat bagus, hal itu menbangun motivasi saya.
    thanx…

  14. ,seneng deh sama artikel2 disini,nyesel knapa baru nemu sekarang….,saya fresh graduate S1 pendidikan tata boga,mau donk kalo ada info2 lowongan ngajar,tq,salam kenal :)

  15. Mencuri Ide VS Plagiat « Hari-hari Cinta

  16. 7 cara menjadi guru yang profesional dalam bersikap « Smpn2kramatmulya's Blog

  17. Salam kenal. Artikel ini bagus sekali. Bagaimana pendapat Bapak kalau di ruang guru suasananya seperti di pasar : ada yang jualan baju, sepatu, kosmetik, kue-kue (terutama menjelang lebaran), bahkan ada juga yang jualan lks. Mohon jawaban Bapak diteruskan juga ke email saya, saya ingin profesional seperti dalam artikel ini.Tks.

  18. good jod & good creation pak Agus. saya setuju.moga aja anak didik gak salah program karena guru nya sering ngerumpi di kantor waktu rehat. trimakasih.

    • Terima kasih Bu Susi, mari kita sama-sama berubah dan berbuat lebih baik lagi demi siswa kita. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar ya bu..

  19. trimakasih atas saran berupa tujuh langkah yang Anda berikan.

    saya ingin bertanya lagi, bagaimana kalau seandainya kita sebagai seorang guru bimbel(les),pada suatu saat kita ditawarin profesi yang lebih tinggi dari sebelumnya.Lalu kita menerima tawaran tersebut,akan tetapi kita mengajukan pada pimpinan perusahaan itu agar menaikkan gaji berupa tunjangan2.Apakah boleh seperti itu?

    • Silahkan Bu Mila, pilihan apapun tergantung kita. Jangan lupa untuk bertanya kepada diri sendiri mengenai orientasi karir dan pencapaian apa yang ingin diraih. Apapun pilihannya semoga jadi yang terbaik.

  20. tips yg sangat bagus.. trims. maaf sharring ya pak. saya guru baru disebuah SMK & tdk ada background “kegurua & teori komputer”, sya diberi tgas utk mengajar PPKI & diagnosis permasalahan PC. jdi yaa… kalang kabut dah.. ada saran2 utk saya?? trimakasih sbelumnya

  21. aSsALamualAik, sAya igiN m’JAdi gUru pRopeSionAL,V SayA Masih bLum d’kasIh k’sEmpatan tUk jdi gUru,kARena mAsih kUrg y LowOgan d’DaeRah sYa,sEteLah sYa m’Baca ArtikEL ini,sAya snAg dapEt peGethuan bRu tnTG gUru pROPESioNaL.

  22. terimakasih…………sangat bermanfaat sekali , semakin menambah wawasan….dan suport saya dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian sebagai seorang pendidik………………..

  23. Numpang pasang iklan, Mohon disebarkan ya.

    SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) is a senior high school that provides full-boarding international standard education for the best performing students from financially disadvantaged families. We aim to develop these students to become future leaders with high moral fiber.
    Qualified and experienced individuals are invited to apply for the following positions for the 2012/2013 academic year:

    1. STAFF
    A. IT TECHNICIAN (1)
    B. DATA ENTRY (1)
    C. LAB. ASISTANT (2)

    2. TEACHER
    A. MATHEMATIC (T-MATH)(1)
    B. ENGLISH (T-ENG) (2)
    C. PHYSICS (T-PHY) (2)
    D. HISTORY (T-HIS) (1)
    E. VISUAL ART (T-ART) (1)
    F. ARABIC AND ISLAMIC RELIGION (T-AIR)
    G. CONSELLOR (T-CON) (1)
    H. CHARACTER BUILDING (T-CB)(1)
    I. CIVIC (T-CIV) (1)
    J. ICT
    SUBMIT YOUR APPLICATION TO:
    Syamsudin.SB
    SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy)
    Jl. Pangeran Ratu, RT.11, RW.08 kel. 8 Ulu. Kec. Seberang Ulu 1- Palembang 30252
    or email: recruitment@smansumsel-sa.sch.id (not more than 500kb).

  24. Assalamualaikum,,,,
    sangat setuju apa yang telah disampaikan bapak,,
    mudah2an kita semua dapat menjalankan amanah ini dengan baik,,

  25. trimksih atas tipsnya. solusi sprti ini yg saya cari selaku tenaga penidik karena saya mngalami brbagai problem di tmpat saya ngajar khususnya kaitan dgn kinerja masih jauh dari yg dihrapkn sebagai guru utk mnsukseskan pendidikan

  26. Tips mendisiplinkan siswa tanpa harus menghukum « digikidzblog

  27. Tips menjadi guru profesional | JUST FOR SHARE

  28. Tips menjadi guru profesional « Learning All The Time

  29. terimakasih banyak atas pendapat bapak……….
    saya sangat optimis kalau ide bapak bisa bermanfaat bagi semua guru…
    saya Dari Timor Leste, Guru SMA Cristal, umur 23 tahun

Tinggalkan Balasan

