Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (makalah Seminar The Power of ICT di Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta 15 April 2008)

Dalam menelisik masalah peng integrasian atau penyatuan TIK (teknologi, informasi dan komunikasi) di sekolah dasar kita harus melihat beberapa peran yang dijalankan oleh pihak-pihak yang berkompeten di sekolah. Pertama peran sekolah sebagai institusi yang melahirkan kebijakan, kedua guru kelas sebagai aktor utama di lapangan dan yang terakhir guru komputer sebagai orang yang mengajar mata pelajaran TIK.

Tulisan singkat ini akan membahas satu persatu peran penting mereka dalam membuat proses integrasi berjalan dengan baik.

Sekolah

Sebagai institusi sekolah mempunyai mekanisme yang berbeda-beda dalam proses pembelanjaan anggaran di setiap tahunnya. Banyak sekolah yang masih berpikir bahwa fasilitas yang terpenting dikembangkan hanya fasilitas fisik saja. Padahal jika sedikit demi sedikit anggaran dipergunakan untuk pembelanjaan infrastruktur TIK maka sebuah sekolah akan mempunyai arah yang jelas dalam pengembangan TIK. Terbukti banyak sekolah sudah mulai menampilkan fasilitas TIK sebagai nilai jual, terutama bagi sekolah swasta.

Berapapun anggaran yang telah dibelanjakan oleh pihak sekolah akan menjadi sia-sia apabila sekolah tidak melakukan;

a. Menjelaskan kepada seluruh staff mengenai keterampilan apa yang harus dimiliki siswa dalam menghadap abad 21.

b. Pelatihan yang berkelanjutan, serahkan pada pihak guru TIK sebagai orang yang akan melatih guru-guru yang lain

c. Bentuk pelatihan yang bersifat TOT atau training of trainer.

d. Dalam forum rapat atau evaluasi program, sempatkan adakan forum TIK . Sebuah ajang untk berbagi kisah sukses dalam penggunaan TIK.

Guru kelas

Guru kelas sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa mempunyai peran penting dalam pengintegrasian TIK. Guru kelas bisa menjadi contoh langsung atau role model bagi pengunaan perangkat TIK di sekolah. Banyak sekolah yang sudah memulai untuk melengkapi ruang kelas dengan satu computer . Dengan memaksimal kan peran satu komputer di kelas, siswa akan merasakan manfaat yaitu bertambahnya sumber belajar. Inisiatif guru kelas untuk sering-sering berkonsultasi dengan guru TIK juga diperlukan. Dengan demikian guru TIK bisa membantu mewujudkan apa keinginan dari guru kelas dalam kaitannya dengan integrasi TIK. Guru kelas juga bisa memulai mengajarkan langkah-langkah dalam melakukan riset yang sederhana bagi siswa (metode big six). Banyak dari cabang dalam TIK yang memang membantu siswa dalam melakukan riset atau menampilkan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. Misalnya internet dan CD Rom yang bisa membantu mendapatkan informasi dalam waktu cepat. Apabila guru sudah membelajarkan siswa cara mencari informasi dan melakukan riset, siswa akan lebih efisien dan efektif dalam mencari informasi

Berikut ini contoh integrasi yang bisa guru kelas lakukan secara mandiri maupun dengan bantuan guru TIK di lab computer maupun dengan computer yang ada dikelas, kegiatannya antara lain;

a. Membuat diagram

b. Membuat rentang waktu (time line)

c. Membuat grafik

d. Membuat sajak atau naskah

e. Membuat karya video

f. Memproduksi rekaman suara seperti orang sedang melakukan siaran radio atau pendongeng

g. Membuat karya puisi, cerita atau naskah pementasan

h. Merancang booklet

i. Merancang brosur atau atribut pelengkap kampanye lingkungan hidup misalnya.

j. Membuat peta pikiran

k. Membuat lukisan dengan computer

l. Membuat komik

m. Membat denah ruangan

n. Memutar CD Rom

o. Mencari informasi di internet

Peran guru TIK.

Selain bertanggung jawab pada berlangsungnya suasana pembelajaran di ruang computer, guru TIK juga menjadi tempat bertanya dari guru kelas serta pihak yang berkepentingan dalam bidang TIK disekolah. Guru TIK selayaknya mempunyai jam khusus setelah pulang sekolah secara rutin untuk melatih keterampilan serta menjadi teman dialog untuk semua guru kelas.

Bersama guru kelas, dan berbekal kurikulum TIK yang dibuat bersama-sama guru lain disekolah, guru TIK bertugas merancang kira-kira hal apa dalam TIK yang bisa membuat siswa menjadi terbantu belajarnya. Tugas apa yang bisa diberikan dalam kaitannya dengan pembelajaran dikelas den demikian menjadikan pembelajaran dikelas menjadi aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Secara rutin guru TIK juga mengirim karya siswa sebagai portfolio untuk menunjukan kepada orang tua siswa mengenai hal apa yang siswa pelajari disekolah. Jangan lupa saat mengajar guru TIK memberikan semangat serta dorongan agar siswa tidak takut untuk salah, mau mencoba serta percaya diri. Siswa secara terus menerus didorong untuk menggunakan TIK dalam kaitannya dengan higher order thinking (menganalisa, menciptakan dan mengevaluasi)

Guru TIK mempunyai tanggung jawab dalam membekali siswa dengan keterampilan

a. Komputer dasar

b. Pengolah kata

c. Database dan spreadsheet

d. Internet dan email

e. Multimedia

f. Etika

Silahkan melihat

Ulasan mengenai workshop ini pada blog

http://lussysf.multiply.com/reviews/item/3

 

 

About these ads

46 thoughts on “Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (makalah Seminar The Power of ICT di Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta 15 April 2008)

  1. Menarik nih pak ntuk dkaji-lanjut, Mem-peran-kan fasilitas TIK untuk kemajuan pembelajaran tingkat SD.
    Failitas TIK selain memberi nilai tambah juga dapat menjadi media belajar yg cukup ampuh terutama kemampuan visualisasinya (khusus untuk anak TK dan SD)

    Betul Pak Heri,
    anak menjadi tambah semnagat mempelajari sesuatu,dan yang terpenting kemampuan TIK mereka juga bertambah saat bersamaan.

  2. mantap euy, salut dgn bahasan yg ditulis. singkat, padat n sangat membantu ita utk belajar lebih byk dan terus belajar. terima kasih, pak :D

    terima kasih Ita,
    Sukses terus ya

  3. salut Pak…untuk sd saja udah ada TIK, kayak dulu.. bahasa inggris masuk sd, sy dapet bahasa inggris pas kelas 4 sd.

    Betul Mas, yang jelas TIK diperlukan demi membekali siswa dengan ‘alat’ yang bisa membuat mereka bertahan dimasa depan, sebuah masa yang sangat berbeda sekali dengan masa yang kita alami sekarang.

    Terima kasih sudah mampir.

  4. Ide untuk meletakkan satu komputer dan fasilitas inet di kelas adalah ide yang sangat bagus. Sayang, sekolah-sekolah pemerintah kebanyakan belum mampu untuk ini…

    Amin Pak Suhadi, semoga pemerintah kita mampu mewujudkan hal itu jadi kenyataan

  5. oh ya pak Agus saya sudah buatkan modul membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK. sebenarnya modul itu saya dasarkan atas makalah saya dalam seminar tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat, silakan download di http://fakultasluarkampus.net/?p=114 integrasi TIK kuncinya ada di sekolah, khususnya ada di tangan guru…. :)

    Thanks Pak Uwes,
    saya sudah unduh dan saya akan lihat dan membacanya

  6. Maslah yang dihadapi sekolah-sekolah dengan pembelajaran TIK adalah tidak/kurang tersedianya sarana komputer disemua sekolah. sehingga pembelajaran TIK hanya sebatas teori saja. jadi perlu pemerintah mengupayakan suapaya semua sekolah ada komputer minimal untuk demonstrasi.

    Pak Baharwi, sambil tunggu pemerintah turun tangan, apabila disekitar anda ada warnet terdekat. Jangan ragu, bawa saja siswa anda untuk mampir dan perkenalkan mereka dengan komputer sekaligus pengenalan internet.

  7. assalam…
    saya setuju dan telah mencoba untuk membuka wacana seperti yang bapak sarankan, terutama sekali untuk melakukan integrasi mata pelajaran TIK dengan mata pelajaran lain, tetapi di sekolah saya SDN Mangkura III Makassar saya merasa masih ada gap pola pikir yang memandang bahwa TIK adalah sebuah mata pelajaran yang bersifat umum seperti MP lainnya… padahal kalau saja guru-guru MP lain terbuka maka akan terjadi transformasi ilmu yang sangat cepat.
    untuk sementara ini yang saya lakukan adalah memberikan asupan film-film ilmiah kepada siswa-siswa di luar jam pelajaran, paling tidak efektifitas MP terutama sains akan lebih terbantu dengan pendekatan gerilya ini :)
    ya segitu dulu pak, kapan2 kalau ke makassar kontak saya yah!

    Halo Indie,
    Pasti saya akan kontak anda bila berkunjung ke Makassar.
    Jangan lupa adakan satu sesi khusus bagi guru untk pelatihan internal.
    keep positive…!

  8. sangat senang saya menegtahui ada guru seperti anda mau mengulas di blog…. bagaimana guru TIK yang lain… ayo donk…

    ada satu hal yang samapai sekarang saya masih bingung (walalu sudah mengajar TIK 3 tahun)… Kenapa TIK ini kok difokuskan ke komputer…?!?! emang TIK = Komputer ?

    Salam kenal mas Fidi, tentu TIK punya juga kaitan dengan hal lain yang berkaitan dengan informasi. Apa anda sudah coba bekerjasama dengan pustakawan di sekolah anda?

  9. Bravo, TIK menurut saya sangat efektif untuk KBM di kelas, tetapi tetap banyak kendala terutama di sekolah-sekolah yang masih jauh dari semua kelengkapan untuk mengadakan sarana dan perangkat keras maupun lunaknya.
    Oh, ya di sini ditempat saya mengajar juga lagi gencar-gencarnya membuat media pendidikan dengan TIK. Apa yang bapak kemukakan diatas sangat menolong sekali bagi saya.

    Pak, jika ada waktu dan kesempatan, boleh saya bertemu dengan bapak di tempat bapak bertugas, atau di mana deh. Saya sangat senang sekali dengan semua apa yang bapak hadirkan di gur kreatif.

    Semoga bapak sehat selalu, panjang umur dan terus berkarya.

    Satu lagi saya tetap minta izin untuk dapat juga menghadirkan tulisan-tulisan bapak di blog saya.

    Salam,

    smskalit

  10. Alhamdulillah ternyata informasi tentang tik untuk sd sudah banyak yang komit. terima kasih sebelumnya. saya yang masih baru mengajar tik di sd muhammadiyah giri gresik sangat membutuhkan modul-modul yang bisa digunakan untuk pembelajaran anak-anak sd.
    karna itu saya berharap bagi teman teman bisa memberikan banyak informasi pada kami.

  11. wooo…..setuju banget dgn ide2 sampean. dari dulu saya pengen banget buat sprt ide2 tsbt dgn murid, ttp bgt banyk kendala trutama dgn biaya, fasilitas komputer yg terbatas serta dukungan dr orgtua murid. shgg bljr TIK nya sering terganggu, terutama dgn keadaan kompter yang minim serta listrik . Tapi saya ttp brusaha….dan mohon juga nantinya bantuan dr teman2 guru TIk dimna aja berada. thanks.

  12. bagus…bagus… mas ide yang menarik dan cemerlang, alhamdulilah ide-ide tersebut sudah 60% berjalan di sekolah, ya kalo boleh saya berbagi cerita terlaksananya sistem seperti ini harus ada dukungan dari semua pihak baik kepala sekolah, guru, maupun siswa, walaupun ada fasilitas tp ga ada motivasi dari guru-guru yang ada sy rasa ini hanya tinggal wacana saja, memang sbg guru TIK jng bosan2 mengajari hal2 yg baru, supaya guru2 lebih tertarik, memang betul kata istilah kuasailah dunia dengan jari-jarimu……..sukses semua HIDUP TIK

    Terima kasih pak Ariez,doa saya juga agar usaha anda untuk memfasilitasi teman-teman bisa terus berlangsung.

  13. Setuju dengan TIK di SD tapi bagaimana dengan SD yang ada di daerah seperti di SD saya ? kalau ada yang bisa bantu solusinya …….. hayoooo

  14. ANALISIS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH DASA « Dianahluddin’s Blog

  15. sebuah langkah briliyan yang menjadi motivasi untuk guru-guru TIK, terus berkarya untuk pendidikan indonesia, ditunggu gagasan berikutnya….

  16. Alhmduliah masukannya sangat membantu sya juga sebagai guru tik merasa masih banyak kekurangan yang harus di hadapi

    Semangat Pak Tresna, sebagai guru TIK memang dituntut untuk menjadi orang yang terus meningkatkan diri dan belajar

  17. sy sangat sependapat dengan Bapak, untuk sementara ini, pelajaran TIK di tingkat SD masih belum optimal dan belum diakui dan dikesampingkan sebagai Ekstra kurikuler, dan banyak juga guru2 dan lembaga SD yang menganggap bahwa TIK merupakan beban karena membutuhkan banyak fasilitas dan dana yang besar, tapi jika melihat manfaat yang diperoleh siswa nantinya seharusnya pelajaran TIK sudah bisa dimulai di tingkat kelas I – VI SD, karena hal itu merupakan bentuk pengenalan sedini mungkin kepada siswa. yang nantinya juga akan banyak bermanfaat sekali jika kelak akan melanjutkan ke jenjang SMP, bahkan sebenarnya kita sudah ketinggalan jauh karena materi pelajaran TIK sudah berkembang mengikuti perkembangan TIK itu sendiri, untuk guru2 juga skr seharusnya bisa memberikan support untuk menyukseskan hal ini. kalau pelajaran TIK itu bermanfaat dan sekolah mampu kenapa tidak kita coba ??? trim.

    Luar biasa, saya menyukai semangat Pak Rozi dalam memasyarakatkan TIK di sekolah.
    Maju terus pak, demi masa depan siswa yang lebih baik

  18. TIK saat ini semakin mendapat tempat di hati wali murid dan guru. karena semua hal yang ada saat ini tidak luput dari peran TIK. iya tho??
    kebetulan saya dah 7 th berkecimpung untuk mengajar TIK di SD. tapi sampai saat ini, pihak sekolah masih sering mendeskriditkan peran guru dan jam belajar TIK di sekolah.
    Saya juga sudah membuat kurikulum dan buku sendiri untuk mempermudah siswa dalam belajar.

  19. Pemanfaatan TIK di Sekolah Dasar « Sugeng Rawuh di BLOG-nya Cak Said

  20. Makasi banyak pak, pengetahuan keguruan bapak sangat kami hargai. saya selalu berguru melalui ide-ide kretifnya.

  21. saya sebagai guru TIK ..
    mendukung semua yg menyangkut masa depan anak2 SD skrng..

    ide2 yg bpk/ibu terangkan di atas sangat2 bermanfaat .
    terima kasih ..

    • Assalamualaikum Pak Abdurrahman, senang sekali bapak bisa mampir. Salam hormat dan takzim saya utk semua yang ada di STID Abdurrahman bin Auf

  22. Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.

    Terimakasih atas jalinan ukhuwah dan intellectual networking yg hingga kini tetap terjalin. Semoga ke depannya madrasah dan guru-gurunya akan semakin berkualitas dan menjadi salahsatu pilihan utama para orangtua di Indonesia. Amienn ya rabbal ‘alamin.

  23. Pemanfaatan TIK di Sekolah | Kursus Komputer, Jasa Pembuatan Web, Kursus Bahasa Inggris, Internet, dan Konsultan IT :: Rumah Pintar Kembar Klaten

  24. Assalamualikum!
    Pak Saya kan kebagian jadi narasumber di kegiatan
    KKG dengan tema yang sama, apakah saya boleh menggunakan makalah di atas?
    Terima kasih!

  25. ^Alfina Damayanti Blog^ » Blog Archive

  26. PENGGUNAAN ICT DISEKOLAH DASAR | Chandra Gumilar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s