Penerapan metode belajar aktif dalam pembelajaran berbasis proyek.

Coba anda bayangkan situasi kelas dibawah ini….

Siswa di kelas lima sedang belajar mengenai konsep mesin yang sederhana, mereka belajar konsep kekuatan, gerak dan bekerja mengaanalisa sebuah mesin yang sederhana. Dari mesin yang rumit mereka memepelajari kaidah mesin yang paling prinsip. Siswa mengoleksi, mengatur, menghadirkan kembali data-data menggunakan program excel. Saat merancang mesin sederhana mereka berperan sebagai perancang sekaligus mempegunakan prinsip perencanaan, perakitan, uji coba sebelum mesin sederhana buatan mereka diluncurkan didepan teman-teman kelas mereka.

Apabila ada pertanyaan mengenai ‘metode apa yang paling efektif untuk mengajar?’ jawabannya bergantung pada tujuan pembelajaran, isi pembelajaran, dan guru yang akan menggunakannya. Tapi ada jawaban lain yang lebih baik dari itu semua yaitu ‘siswa mengajarkan siswa lainnya’ dikutip dari Wilbert J. McKeachie, pengarang buku Teaching tips: Strategies, research and theory for college and university teachers, Houghton-Mifflin (1998)

Illustrasi diatas serta kutipan dari buku merupakan gambaran dari dua metode mengenai pembelajaran yang pertama adalah ilustrasi dari pembelajaran dengan berbasis proyek sedangkan yang kedua adalah gambaran yang sederhana dan singkat mengenai pembelajaran aktif.

Pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran aktif,kedua-duanya saling berkaitan. Pembelajaran aktif merupakan ruh dari pembelajaran berbasis proyek.

Istilah yang sekarang ada dan memiliki esensi yang sama dengan belajar aktif adalah PAKEM atau pembelajaran aktif, efektif, dan menyenangkan. Istilah ini ada dalam kerangkan peningkatan mutu pendidikan manajemen berbasis sekolah (MBS). PAKEM adalah dua pilar dari empat pilar MBS. Dua pilar lainnya adalah manajemen yang transparan, dan keterlibatan masyarakat pendidikan.

Sedangkan pembelajaran berbasis proyek adalah proyek perseorangan atau grup dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan. Saat pengerjaan kelas menggunakan berbagai macam bahan-bahan, dengan pendekatan belajar aktif atau berpusat pada siswa

Menggunakan: kontruktivis, problem solving, inquiry, riset, integrated studies, pengetahuan dan ketrampilan, evaluasi, refleksi, dll

Dua metode diatas mempertimbangkan aspek

a. Gaya belajar siswa

b. Taksonomi pembelajaran

c. Kecerdasan majemuk

Berikut ini adalah gambaran mengenai jalannya pembelajaran dengan konsep mesin sederhana, lanjutan dari illustrasi diatas.

VAK Visual Mencari gambar mesin sederhana dari Koran atau majalah dan film
Auditory Mendengar dan melihat penjelasan dari pekerja konstruksi yang menjelaskan bagaimana mereka menggunakan mesin sederhana saat bekerja.
Kinesthetic Membuat mesin sederhana yang terbuat dari tanah liat.
Otak kanan dan Otak kiri Otak kiri Mengikuti langkah demi langkah petunjuk membuat mesin sederhana.
Otak kanan Berdiskusi mengenai peran mesin sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari
Kecerdasan majemuk Logis matematis Membuat mesin sederhana dari mesin yang rumit
bahasa Membuat karangan atau pidato menjelaskan mengenai pentingnya mesin sederhana dalam kehidupan .
Spasial Membuat presentasi menunjukkan perbedaan penggunaan mesin sederhana.
Musikal Membuat lagu tentang mesin sederhana.
Tubuh dan kinestetis Menggunakan benda-benda sederhana untuk menciptakan mesin sederhana.
Antar pribadi Bekerja dengan kelompok membuat video tentang mesin sederhana untuk siswa TK.
Dalam pribadi Membuat buku catatan harian mengenai pembelajaran.
alam Menemukan contoh dari mesin sederhana yang ada di alam,

About these ads

36 gagasan untuk “Penerapan metode belajar aktif dalam pembelajaran berbasis proyek.

  1. Saya pernah baca ini juga Pak. Metode nya sangat menarik.
    Apakah sekolah di Indonesia saat ini sedang menuju ke arah pembelajaran ilustrasi dan berbasis proyek? Mengingat sekolah utamanya SD saat ini menerapkan tematik dalam KBM? Bagaimana menurut Bapak?

    Jika anda mencermati KTSP, sebenarnya yang pemerintah lakukan adalah berusaha membakukan sebuah model pembelajaran yang ujungnya open end, artinya di tangan guru lah otonomi yang sangat luas untuk penggunaan metode atau pendekatan yang cocok bagi pembelajaran siswanya.

  2. Salam,

    Si Mas ahli sekali ya di bidang pendidikan. Anak saya masih kecil (paling tua kelas 1 SD) dan sekarang sedang tinggal di Amerika. Setiap kali pulang ke jakarta dan bertemu teman mereka saling beradu bahwa sekolah anak mereka bagus, yang di tonjolkan terutama soal bilingual. Yang jelas sekolah itu mahal banget (fasilitas keren sih). Si mas ada nggak sekolah yang menurut mas bagus programnya untuk level SD?

    Halo Mbak Anneke, bicara soal bilingual Pak Gene punya artikel yang menarik mengenai hal ini. Pada dasarnya setiap sekolah boleh mengatakan bahwa program bilingualnya paling bagus, tapi anda bisa mengukurnya dari sekeras apa usaha dari sekolah tersebut untuk memajukan pembelajaran bahasa Indonesia di dalam kelas-kelas mereka. Karena program bilingual yang berhasil tidak meninggalkan bahasa ibu (mother tongue).

    Saya izin link blog nya ya…

  3. bRAVO … Bongkar lagi harddisk mu … agar makin banyak yg tercerahkan :D

    Betul, dan hanya inillah yang bisa kupersembahkan bagi dunia pendidikan Indonesia.
    Walau sedikit pasti jadi membuat perbedaan, minimal untuk diri pribadi, jadi semakin terasah.
    keep fight!

  4. Salam,

    Wah ini dia yang saya cari…hal2 praktis yang bisa guru praktekkan di kelas. Lebih banyak lagi ya mas artikelnya tentunya dengan tema2 yang lebih menarik..keep going

    Makasih ya
    Tema lainnya segera menyusul.

  5. Pak Agus, saya ini guru IPS yang lagi mumet bin buntu untuk ngajarin anak tentang suku bangsa dan ragam budaya kls V. Mbok ya dibantu gitu, gimana ya caranya menerapkan metode belajar aktif dalam pembelajaran berbasis proyek. Terus, terkadang untuk pembelajaran dengan bab yang sulit2 n metode yang repot2 itukan butuh waktu yang buanyak, gimana cara menyiasatinya ya?Terima kasih atas bantuannya

  6. Pada dasarnya tulisan anda dalam hal metode pembelajaran sangatlah bermanfaat bagi keilmuan saya, tetapi saya hanya menyarankan sebaiknya bapak menulis metode yang tendensinya mengarah pada lembaga pendidikan di pelosok. sebab, jika kita lihat tulisan bapak hanya bersifat pengantar saja tanpa ada spesifikasi.

    terima kasih buat masukannya
    saya memang sedang mengarah ke sana

  7. tambah pinter saya, gara-gara bapak… Tolong jangan takkabur, makin buat diri anda lebih bermanfaat lagi dengan orang-orang yang haus pengetahuan selain saya di Indonesia.
    jangan mudah menyerah, pak…

    Terima kasih doa dan motivasi anda,
    Maju terus dunia pendidikan di Indonesia

  8. PBL (project Based learning)terbukti ampuh untuk meningkatkan motivasi siswa. Mohon bapak kirim artikel atau mungkin hasil penelitan ke e-mail saya yang menyatakan bahwa PBL bisa meningkatkan kemampuan berbahasa siswa khususnya menulis.Thanks a lot.

  9. Pak, menjadi kebutuhan buat saya mengakses blog bapak. dan saya nggak lupa mencopy dan mohon izin juga kepada bapak untuk mempublishkan artikel bapak di blog saya, bolehkan.

    teruskankan pak bagikan ilmu bapak ke teman-teman, saya juga guru, yang perlu terus menambah ilmu untuk diajarkan dan dibagikan segala yang baik dan terbaru ke mereka ‘anak didik’ kita.

    Maju terus.

    Sukses buat bapak, dan keluarga.

    cafestudi061.wordpress.com

    Pak Maruli terima kasih doanya.
    Semoga blog anda makin berisi makin memberi manfaat.

  10. bapak, saya ingin mencoba menerapkan pembelajaran aktif untuk anak sma kelas x. apakah bisa n materi apa yang cocok dan bgaimana caranya?
    thanks be 4

  11. Weleh-weleh……
    Kayak bener-bener bisa momong anak aja.
    Aku koq gak benar-benar merasa diajar oleh pak guru di sekolahan.
    Aku malah banyak belajar dari media, salah satunya internet di komputer.

  12. Asslamualaikum
    makasih artikel nya bagus banget.
    mau tanya nich sebenarnay pembelajaran aktif itu bisa berdiri sendiri tdk? dalam artian apakah harus disertai dengan suatu pendekatan-pendekatan tertentu?
    ada gak sintak2 pembelajaran aktif itu sendiri ?
    mkash jawabannya……….

  13. Salam kenal…
    Sangat mencerahkan apa yang bapak tulis.
    Saya mau tanya, dalam pembelajaran komputer, misalnya windows, word, excel, dll. Gimana caranya agar kita mengajarkannya bukan teknis pengoperasiannya saja tetapi sudah teraplykan dalam kehidupan sehari2. APakan ada metode yang sesuai. Mungkin via email dapat lebih menarik kita diskusinya ya pa.
    Kebetulan saya mengajar TIK di SMK di jakarta.
    Makasih sebelumnya.

  14. ihh waww ..pak gmana caranya klo PBL tersebut digunakan di SMK.Truz gmana buat step by step penelitiannya…soalnya saya mau melakukan PPL..makasihh

  15. wah artikelnya bagus
    kalau boleh tolong saya dikirimi artikel
    yang berkaitan cara mengukur keberhasilan KBM berbasis proyek

    nuhun

  16. Salam,
    Artikelnya cukup banyak memberi ilmu dan sumabangan bagi dunia pendidikan di negeri ini. Dan semoga saja banyak orang yang membacanya dan mau mengaplikasikan tulisan bpk dengan baik, agar pendidikan kita lebih amju

  17. Blog MAN 1 Jember » Blog Archive » Pendahuluan

  18. Blog MAN 1 Jember » Blog Archive » Profil

  19. assalam…
    mas, sya msh sempat bingung tentang penelitian yang saya susun sebagai skripsi,,,mgkn dgn artikel yg bapak buat bsa sedikit membantu,,,
    yang jd pertanyaaanya : Apakah dengan metode inkuiri akan sama halnya dengan konsep pembelajaran berbasis proyek yang bapak terapkan dan apakah ithu pas bila diterapkan pada pembelajaran IPS di kelas 4 SD..??
    mohon jawabannya pak,,,
    Makasih sebelumnya,,,semangat pendidikan di Indonesiaku….

    Zul yang baik, dalam pembelajaran berbasis proyek ada unsur inkuiri nya.
    Di kelas 4 juga bisa diterapkan. Misalnya saat bicara mengenai unit kebudayaan atau sejarah Indonesia, dengan memasukkan unsur inkuiri akan membuat siswa mau mencari sendiri dan bertanya sebanyak-banyaknya mengenai asal usul kebudayaan serta percampuran budaya yang dipengaruhi oleh kebudayaan lain di Indonesia

  20. Akhirnya guru itu cukup sebagai fasilitator atau motivator saja ya? Atau tetap sebagai panutan yang patut digugu dan ditiru untuk semua hal :)

    @Adek
    istilah fasilitator hubungannya dengan guru sebagai sumber ilmu, tapi untuk masalah etika dan tingkah laku? guru tetap sebagai acuan

  21. Pak, mohon bantuan… saya sedang menyusun PTK sebagai skripsi saya. Dengan mengambil pengajaran unit (proyek) sebagai ide utama, saya kesulitan mencari buku yang tepat. Dosen saya merekomendasikan buku “pengajaran unit, suatu pendekatan sistem” milik Oemar Hamalik, keluaran tahun 1989 dari CV Mandar Maju… sudah beberapa bulan ini saya mencari tapi belum ketemu juga. Apakah Bapak memiliki buku tersebut? Mohon bantuan Pak..

  22. ass…wah telat ni..ternyata kesibukan selama ini membuat sy semakin penasaran untuk mencari blog yg membantu sy menjd guru yg lebih baik.alhd…sy menemukan blog bapak..kr2 th 2002 sy merekomendasikan sd global utk menjd study banding..alhd, banyak yg bisa kita ambil manfaatnya, tp untuk menjadikan guru yg “melek” syusah, perlu usaha yg terus menerus..trims pa karya2nya penuh inovasi…

    • Wah bu Lisna ternyata pernah bekunjung ke SD Global ya, amin bu mudah-mudahan usaha kita menjadi guru yang lebih baik diberi kemudahan.

  23. ass.wr.wb.

    terus terang setelah membaca blog anda saya merasa banyak kekurangan sebagai guru. saya baru saja menemuan blog anda, tapi isinya membuat saya banyak tahu apa yang harus saya kerjakan untuk anak didik saya.
    ada bagian dari blog anda yang saya kutip ataupun saya kopi untuk saya tampilkan dalam blog saya (mohon ijin… ) untuk kelengkapan teman2.
    semoga anda terus diberi kesehatan dan kecerahan pikiran dalam menuliskan karya2 anda di blog ini….

    • Silahkan Pak Widodo, komentar bapak membuat saya semakin semangat dalam berbagi lewat blog. Terima kasih doanya, semoga Allah SWT memberikan hal yang sama pada anda sekeluarga.

  24. Exa : ceccecute

  25. sayah lagi mencoba menyusun skripsi tentang metode proyek nii pak,,tapi masiih sangat kekurangn buku tentang pengertian metode proyekk

    apakah bapak bisa membantu buku2 yang representatif tentang metode ini

    • Ibu Dwi yang baik, tulisan yang saya buat kebanyakan merupakan hasil refleksi pengalaman saya saat mengajar. Jika berkenan silahkan buka situs googlebooks, dan masukkan kata kunci project based learning. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s